Pedagang Ikan di Pasar Subuh Terus Bertambah

SEMINGGU SEKALI: Pedagang ikan hias setiap hari Minggu membuka lapak depan kantor Dinas Perikanan.

KARAWANG, RAKA – Dinas Perikanan Kabupaten Karawang berupaya meningkatkan usaha kecil menengah (UKM) dari komunitas ikan hias di tengah pandemi dengan memfasilitasi lapak dagangan di area kantor Dinas Perikanan setiap Minggu pagi.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang Hendro Subroto mengatakan, pasar subuh ikan hias setiap Minggu ini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian usaha kecil di bidang ikan hias. Pihaknya mengaku Pasar Subuh ikan hias sudah berlangsung selama tiga kali. “Pendataan awal waktu Minggu Subuh pertama dan kedua ada 40 (pedagang) kemudian di Minggu ketiga ada penambahan lima anggota, jadi sekarang ada 45,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, hasil pendataan tersebut nantinya akan dilaporkan ke Kementerian Perikanan dan Kelautan guna mendapatkan bantuan tenda lapak untuk para pedagang komunitas ikan hias. Karena sampai sekarang tenda yang mereka tempati hanya ala kadarnya. “Kita hanya memfasilitasi saja, mungkin kan di pasar mana-mana pengunjungnya tidak begitu ramai karena pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Pasar Subuh ikan hias di Plaza Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Karawang dibuka sekitar pukul 05:00 sampai 10:00 WIB, kata Hendro, sampai saat ini baru ada beberapa jenis ikan yang sudah dipasarkan seperti ikan cupang dan mas koki. “Yang paling utamanya ikan cupang tapi pas saya lihat ada juga ikan hias jenis lainnya seperti mas koki,” paparnya.

Kedepan, Hendro mengaku akan menyediakan listrik untuk memfasilitasi pedagang ikan hias lainnya seperti ikan koi, lohan dan masih banyak ikan hias lainnya.
“Nanti ikan hias lainnya akan bermunculan dengan adanya informasi seperti ini,” pungkasnya. (mra)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *