Pelaku UMKM Diberi Bantuan Alat Usaha

DISTRIBUSI: Bantuan alat usaha didistribusikan kepada masyarakat.

KARAWANG, RAKA- Dinas Koperasi Kabupaten Karawang memberikan bantuan alat produksi kepada masyarakat di Kecamatan Cilamaya Kulon.
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Karawang Ade Sudiana meyebutkan, saat ini telah dilakukan percepatan pendistribusian bantuan barang bagi pelaku UMKM di 25 desa miskin ekstrem. Ia melanjutkan hingga akhir September 2022 telah ada sebanyk 9 desa dari 10 kecamatan yang mendapatkan bantuan tersebut. Hal ini sebagai bentuk upaya dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional. “Kami berharap para pelaku usaha ini bisa berkembang dan meningkatkan usahanya, sehingga bersama sama memberikan kontribusi kepada koperasi agar lembaga koperasinya lebih kuat dan berjalan dengan sehat,” ujarnya, Selasa (27/9).
Diah Mira Desi Avianti, kepala Bidang Perizinan dan Pengembangan Koperasi menyampaikan telah dilakukan pendistribusian barang untuk 9 desa dan 2 kecamatan. Barang diberikan berupa alat untuk bengkel, gerobak usaha, paket tata boga, alat memasak, mesin jahit. Program ini pun merupakan hasil kolaborasi dengan pengelola koperasi. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan pembinaan dan bantuan modal usaha. Ia memaparkan kembali, para pelaku umkm akan mendapatkan pendampingan dan pembinaan dari staff koperasi masing-masing. “Setelah menerima bantuan barang, selanjutnya pelaku usaha mikro mendapat pendampingan dan pembinaan dari tempat koperasi mereka bernaung. Selain itu, kita bekerja sama dengan koperasi simpan pinjam (KSP) untuk memberikan bantuan modal usaha kepada para pelaku usaha yang sudah menerima bantuan barang ini,” ungkapnya.
Warja, Kepala Desa Kiara memaparkan ia memberikan apresiasi terhadap upaya pemerintah daerah Kabupaten Karawang kepada pelaku UMKM. Ia memiliki harapan agar program tersebut dapat meningkatkan produksi yang dimiliki oleh masyarakat. “Mudah-mudahan program ini ada kelanjutannya di tahun depan, sebab masih banyak warga kami yang perlu dibantu dalam meningkatkan usahanya,” pungkasnya. (nad)

Tinggalkan Balasan