BISNISKARAWANG

Pemain Baru Otomotif Tiongkok Agresif

METROPOLIS, RAKA – Pabrikan otomotif asal Tiongkok bisa dibilang cukup agresif dalam memikat konsumen di Indonesia. Salah satunya adalah Wuling. Pada usia dua tahun merambah pasar di Indonesia, Juli 2019, Wuling telah memiliki jaringan layanan penjualan dan purna jual 100 outlet.

Agresivitas Wuling cukup terasa dengan intens membesut mobil baru disertai dengan beragam teknologi canggih di dalamnya, namun harganya tetap terjangkau. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah voice command atau perintah suara cerdas yang kerap hadir di segmen mobil mewah berbanderol Rp 500 jutaan ke atas. Untuk Wuling, tercatat mereka memiliki mobil SUV dengan fitur cerdas seperti voice command di jajaran mobil tipe Almaz.

Terkait voice command, fitur tersebut sebagai fitur mobil masa depan. Dengan fitur tersebut, pengguna mobil dimungkinkan untuk melakukan kontrol penuh kendaraan, fungsi entertainment dan fungsi lainnya hanya dengan menyebut perintah yang diinginkan.

Di Wuling, fitur voice command hadir dengan nama Wuling Indonesian Command (Wind). Seperti namanya, perintah terhadap mobil bisa dilakukan dengan bahasa Indonesia. Untuk dapat merasakan fitur canggih tersebut, Wuling melego mobil Almaz dengan harga mulai Rp 263 jutaan.

Almaz merupakan salah satu produk tersukses dari Wuling. Mobil SUV itu kini dilengkapi dengan varian 7-seater alias tujuh penumpang. Almaz sejauh ini menjadi produk Wuling paling laris. Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani menyebutkan, Almaz berkontribusi lebih dari 40 persen terhadap total penjualan Wuling di Indonesia. “Model yang dirilis pada Februari 2019 telah dipasarkan lebih dari 4.000 unit,” ujar Dian beberapa waktu lalu.

Pada semester pertama 2019, Wuling memasarkan sekitar 7.700 unit. Dari jumlah itu, Almaz mendominasi diikuti Confero sekitar 40 persen dan sisanya dari model Cortez dan Formo. “Selama ini, banyak konsumen yang menanyakan dan menunjukkan minat pada varian 7 penumpang,” imbuhnya.

Pada gelaran GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangeran Selatan, 18-28 Juli 219, Wuling Almaz menjadi mobil yang paling banyak diminati pengunjung untuk bisa menjajal di area test drive. Ini menunjukkan rasa penasaran luar biasa dari para pengunjung terkait teknologi yang disematkan kepada Wuling Almaz.

Fitur voice command pada Wuling Almaz memudahkan pengemudi dan penumpang dalam mengelola atau menjalankan fitur-fitur di kendaraan tanpa perlu lagi menggunakan tangan. Cukup dengan perintah suara dalam bahasa Indonesia dan mobil sudah bisa disuruh-suruh. Alih-alih menyentuh tombol atau panel fungsi di mobil untuk melakukan sesuatu dan memakan waktu, hanya dengan perintah suara semua bisa dijalankan dengan sangat mudah.

Pada Wuling Almaz, fitur WIND akan bekerja untuk berbagai keperluan seperti menelepon yang terkoneksi dengan smartphone, membuka dan menutup sunroof, membuka dan menutup jendela, memutar musik, mencari stasiun radio FM, dan sebagainya. Fitur ini memang membantu. Dengan awalan mengucapkan kata kunci seperti ‘Hallo Wuling’, ‘Buka Jendela’, ‘Turunkan Jendela’, ‘Buka Kaca’, ‘Tutup Kaca’, ‘Buka Sunroof’ dan ‘Tutup Sunroof’ bisa dilakukan dengan sangat mudah. (jpc)

Related Articles

Back to top button