METROPOLIS

Penderita ISPA Naik Tiga Kali Lipat

KARAWANG, RAKA- Kondisi udara Karawang sedang dalam keadaan tidak sehat, ditambah lagi saat ini merupakan musim kemarau, hal tersebut menyebabkan pasien menderita Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Di UPTD Puskesmas Adiarsa, Kecamatan Karawang Timur, pasien ISPA meningkat bahkan sampai 3 kali lipat.
Plt Kepala UPTD Puskesmas Adiarsa Yahya mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang terdampak deman, batuk dan pilek dengan kunjungan ke Puskesmas kurang lebih 10 sampai 15 orang per harinya. “Sebelumnya di bulan Mei dan Juni 2023 per hari hanya sekitar 5 orang berobat sakit ISPA, tapi sekarang karena dampak polusi udara jadi meningkat yang melakukan pengobatan sakit ISPA,” katanya, kepada Radar Karawang, pada Selasa (5/9).
Yahya menyarankan, kepada masyarakat lebih baik mencegah dari pada mengobati, untuk itu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat salah satu mencuci tangan sebelum dan sudah makan dan berperilaku hidup sehat dengan rajin berolahraga dan selalu menggunakan masker. “ISPA merupakan penyakit yang lumayan bahaya karena sesak ke paru-paru, kalau dibiarkan batuk tidak akan sembuh-sembuh dan daya tahan tubuh menurun, sehingga istirahat pun terganggu karena batuk. Untuk itu ketika mempunyai gejala batuk dan pilek segera berangkat atau datang ke Puskesmas terdekat atau klinik-klinik layanan kesehatan yang ada di Karawang,” tuturnya. (zal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights