Perpustakaan Karyawan tak Pernah Sepi

ISI WAKTU LUANG: Sejumlah karyawan PT Dean Shoes membaca buku di perpustakaan yang ada di lingkungan perpustakaan. Ada sekitar 100 buku dari berbagai genre disediakan di perpustakaan ini.

Punya 100 Koleksi Buku

KARAWANG, RAKA- Budaya membaca dikalangan para buruh memang cenderung kurang. Hal ini yang membuat Serikat Pekerja PT Dean Shoes membuat perpustakaan baca bagi karyawan. Jamil Reza Nasrullah, penanggung jawab perpustakaan karyawan PT Dean Shoes mengatakan, bahwa dibuatnya perpustakaan karyawan ini karena memang ingin memberikan pencerahan kepada para karyawan, walaupun bekerja harus sediakan waktu untuk membaca. “Buku ini kan jendela dunia, barang siapa yang membaca buku bisa melihat dunia,” ucap pria berbadan tinggi ini, Rabu (22/9).

Dia menambahkan, bahwa saat ini perpustakaan karyawan ini memiliki sekitar seratus buku yang terdiri dari buku sastra, novel, sejarah dan banyak yang lainnya. “Alhamdulillah karena serikat mendukung penuh, jadi kita bisa beli buku untuk mengisi perpustakaan,” tambah pria pengusaha susu kurma Raja ini.

Jamil menceritakan, bahwa perpustakaan karyawan ini mendapat respon yang positif dari para karyawan. Hal ini terlihat dengan sering adanya karyawan yang berkunjung ke perpustakaan. “Saat istirahat dan pulang sambil menunggu jemputan, banyak yang menyempatkan diri untuk membaca buku di perpustakaan,” ceritanya, disela-sela berbincang dengan Radar Karawang.

Sementara itu, salah seorang karyawan Dian atau yang sering dipanggil Binong, senang dengan adanya perpustakaan karyawan ini. Dirinya merasa terbantu karena bisa meluangkan waktu untuk membaca. “Terbantu sekali saya bisa baca buku-buku sejarah Bung Karno dan buku pendiri bangsa lain,” tuturnya. (cr8)