Pertamina EP Tajak Sumur JAS-022

JALANKAN TUGAS : Petugas Pertamina tengah menjalankan tugas.

KARAWANG, RAKA – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat Pertamina EP selaku salah satu anak usaha hulu Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerjasama SKK Migas. Optimisme ini dibuktikan dengan dilaksanakannya tajak sumur JAS-022 Pertamina EP Asset 3 Subang Field pada 31 Desember 2020 lalu untuk menyambut tahun 2021.

Sumur JAS-022 yang berlokasi di Desa Mundusari, Pusakanagara, Kabupaten Subang Jawa Barat merupakan sumur pengembangan yang dibor di struktur Jati Asri lokasi JAS-I2 dengan target kedalaman akhir 3.100 mTVDSS dan merupakan sumur pengeboran directional atau pengeboran berarah.

Target dari pengeboran sumur JAS-022 adalah minyak sebesar 293 BOPD dan gas sebesar 3 MMSCFD. Tujuan dari pengeboran sumur pengembangan ini adalah untuk menambah titik serap di lapangan Jati Asri (JAS), Pertamina EP Asset 3 Subang Field.

“Harapannya pengeboran JAS-022 ini dapat menambah produksi untuk Subang Field dari struktur Jati Asri,” tutur Wisnu Hindadari selaku Asset 3 General Manager.

Wisnu juga menambahkan bahwa di tahun 2021 struktur JAS sendiri akan terus dikembangkan dengan rencana pengeboran sebanyak 7 sumur selain JAS-022. Masih di area yang berdekatan di Subang Field juga akan segera di bor sumur Curug Jati (CJT)-A4 dalam waktu dekat.

Hingga saat ini, JAS merupakan salah satu struktur backbone bagi Asset 3 selain struktur Bambu Besar (BBS) yang berada di wilayah kerja Subang Field, juga struktur Akasia Bagus (ABG) dan yang terbaru adalah struktur Cemara Timur (CMT) di wilayah kerja Jatibarang Field.

Sesuai rencana kerja, tahun 2021 ini Asset 3 akan mengerjakan sebanyak 28 sumur bor, 138 well intervention dan 11 workover.
Dengan target produksi berdasarkan RKAP yakni minyak sebesar 13.616 BOPD dan gas sebesar 259 MMSCFD.

Subang Field Manager Djudjuwanto menyampaikan, “Kami berharap pemboran JAS-022 dapat berjalan lancar dan memberikan kontribusi terbaik demi ketahanan Migas Nasional serta menjadi keberkahan untuk kita semua,” pungkasnya. (rls)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka