Pilkades di 177 Desa Diundur

Jadi Bulan Maret 2021

KARAWANG, RAKA – Kepastian agenda Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 177 desa se-Kabupaten Karawang yang sempat menjadi polemik antara Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang dengan Pemerintah Kabupaten Karawang akhirnya terjawab. Pesta demokrasi tingkat desa yang semula dijadwalkan pada 23 Februari 2021, akan digeser di bulan Maret 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Agus Mulyana mengatakan, pelaksanaan pilkades di 177 Desa akan dilaksanakan pada minggu ke tiga di bulan Maret 2021. “Pilkades waktunya akan digeser satu bulan dari jadwal sebelumnya karena adanya pilkada (pemilihan kepala daerah). Awalnya pilkades akan digelar tanggal 23 Februari 2021, namun akan digeser menjadi minggu ketiga di bulan Maret 2021,” kata Agus, Selasa (15/9).

Lanjut Agus, guna mengisi kekosongan jabatan kepala desa, nantinya akan ada pejabat sementara (Pjs) yang menggantikan sementara tugas kepala desa. “Untuk mengisi kekosongan jabatan kades akan ada Pjs, tapi hanya sebentar saja waktunya yaitu dari pemilihan sampai dengan pelantikan,” katanya.

Sebelumnya, diakui Agus sempat ada permintaan dari Apdesi Kabupaten Karawang untuk meminta Pemerintah Kabupaten Karawang tidak memundurkan jadwal pilkades. “Dari hasil pertemuan tersebut meminta untuk pelaksanaan pilkades itu sesuai jadwal, namun setelah saya menyampaikanya kepada bupati sebagai pimpinan dan setelah melalui berbagai pertimbangan, pilkades akan digeser waktunya sebulan dari jadwal sebelumnya,” ungkapnya.

Humas Apdesi Karawang H Udin Abdul Gani mengatakan, pihaknya menyepakati pilkades di 177 desa akan dilaksanakan bulan Maret yaitu hari Minggu tanggal 21 Maret 2021. “Hasil hearing Apdesi dan bupati, ketua DPRD, kepala DPMD, dan Asda, pelaksanaan pilkades dinyatakan siap digelar pada hari Minggu tanggal 21 Maret 2021,” katanya.

Sekretaris Apdesi Kabupaten Karawang Alek Sukardi mengatakan, secara lisan pihaknya sudah bertemu dengan pimpinan eksekutif dan legislatif yang langsung dikomandoi ketua DPRD. Menurutnya, mereka menyetujui ajuan Apdesi terkait pelaksanaan pilkades serentak. “Secara teknis nanti akan diurus oleh DPMD, baik hari H maupun jangka panjang. Insya Allah minggu ini kita undang semua kades,” ungkapnya. (psn/rok)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *