Polisi dan Masyarakat Harus Bersinergi

BERBAGI: Memperingati Hari Bhayangkara, Polsek Purwasari berbagi sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

KARAWANG, RAKA – Tepat pada hari ini, 1 Juli 2020 diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Hari bersejarah khususnya bagi Polri, bisa dikatakan hari tersebut merupakan momen hari kepolisian nasional yang ditandai keluarnya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946, pada tanggal 1 Juli 1946. Dengan adanya perpres tersebut mempersatukan kepolisian secara nasional dan berada langsung di bawah presiden, dimana sebelumnya kepolisian masih terpecah-pecah berdasarkan daerah.

Memperingati momentum Hari Bhayangkara ke-74, berbagai tanggapan dan harapan muncul dari warga Karawang. Rasmin (29) misalnya, warga Desa Telagamulya Kecamatan Telagasari ini menilai polisi mempunyai peran penting di masyarakat. Menurutnya tugas utama kepolisian adalah menjaga keamanan baik itu di lingkungan masyarakat maupun keamanan dalam negeri secara umum.

Rasmin juga bercerita merasakan kehadiran polisi di lingkungannya beberapa waktu yang lalu. Saat itu bhabinkamtibmas setempat terjun ke lingkungannya untuk memberi penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban. Kehadiran bhabinkamtibmas inilah yang menggerakan masyarakat untuk kembali terlibat aktif untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. “Membangkitkan lagi siskamling yang dulu sempat hilang, jadi aktif lagi,” tuturnya.

Dalam momentum Hari Bhayangkara ini ia berharap polisi bisa lebih dekat dengan masyarakat dan lebih mengayomi. Meski demikian ia juga memberi sedikit masukan agar aparat kepolisian bisa mengurangi arogansi, terutama dalam proses pengamanan suatu hal. “Terkadang suka dicampur sedikit arogansi, hanya sebagian, tapi kan nanti yang tercoreng semuanya,” ucapnya.

Warga Karawang lainnga Perdana Putra (27) juga melihat peran polisi di masyarakat sangat penting, sebab ia sendiri tahu banyak bidang dalam kepolisian mulai dari lalu lintas, kriminal, dan lainnya. Namun sebagai pengendara ojek online, yang paling terasa baginya adalah kehadiran polisi lalu lintas. Ia sendiri berharap kepolisian lebih mengoptimalkan petugas kepolisian di jalanan Karawang, sebab sepengamatannya masih banyak pengendara yang melanggar. “Harapannya lebih memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Putra.

Sementara itu, Kapolsek Telukjambe Timur Kompol Andrian Nugraha mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertertiban di lingkungan masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan ronda. Lebih dari itu mesti terjalin komunikasi antara masyarakat dengan muspika baik itu pemerintah kecamatan, kepolisian dan TNI. “Sama-sama menjaga stabilitas keamanan,” pesannya.

Menurutnya, keamanan dan ketertiban dapat terwujud dengan adanya kerjasama yang baik di segala bidang dengan masyarakat. Lebih dari itu kemitraan dan sinergitas semua unsur juga sangat beperan dalam terciptanya kamtibmas. “Saling komunikasi yang baik, saling menginformasikan,” tambahnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *