RSUD Karawang Tambah Dua APM BARU

MESIN BARU: RSUD Karawang sediakan dua mesin APM baru. Mesin yang terbilang baru hadir di RSUD Karawang itu terletak tepat di samping pintu masuk lobi pendaftaran rawat jalan.

Urai Antrean Pendaftaran Pasien

KARAWANG, RAKA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang punya 2 unit anjungan pendaftaran mandiri (APM). Mesin yang terbilang baru hadir di RSUD Karawang itu terletak tepat di samping pintu masuk lobi pendaftaran rawat jalan.
“Akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit jadi lebih mudah, dan juga memberi perlindungan kesehatan pasien, masyarakat, dan juga karyawan,” ucap Direktur RSUD Karawang dr. Endang Suryadi.

APM sendiri merupakan mesin pelayanan mandiri untuk regristasi maupun reservasi untuk pasien rawat jalan. Perbedaan kedua fitur ini adalah registrasi untuk mendaftar langsung di rumah sakit sedangkan reservasi untuk pasien yang sebelumnya telah mendaftar secara online dan ingin mencetak bukti reservasi. Kedua fitur ini hanya bisa digunakan jika pasien sebelumnya telah berobat di RSUD Karawang dan memiliki nomor rekam medik.

Kasubag Humas RSUD Karawang Ruhimin menyampaikan dengan adanya inovasi ini juga menjadi salah satu upaya mencegah penularan Covid-19. Selama ini antrian pendaftaran rawat jalan secara manual kerap membeludak. Tak jarang ada pasien yang protes dengan kondisi tersebut. Hadirnya 2 unit APM ini diharapkan dapat mengurai antrean sehingga pendaftaran rawat jalan lebih efesien. Ia menambahkan, sebetulnya sudah sejak lama masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara online. Adapun APM ini sangat memfasilitasi pasien yang datang langsung tanpa mendaftar online sebelumnya. “Supaya tidak membludak dibantu oleh 2 alat itu, bahkan sudah online menyeluruh dengan BPJS Kesehatan dan segala macam,” ucapnya.

Jangan khawatir kebingungan saat menggunakan APM tersebut sebab pihak RSUD menyediakan brosur petunjuk pengguanaan. Selain itu juga ada petugas yang menjawab pertanyaan masyarakat terkait penggunaan APM dan siap membantu. Baik pasien umum maupun pasien BPJS Kesehatan, semuanya dapat terlayani dengan APM ini. Setelah registrasi atau reservasi pasien hanya tinggal melakukan pembayaran di kasir dan menuju poliklinik yang dituju tanpa haru lama mengantri pendaftaran.

Sekda Karawang Acep Jamhuri yang hadir dalam launching APM ini mengapresiasi inovasi yang dilakukan RSUD Karawang terutama dalam situasi pandemi seperti ini. Menurutnya metode pelayanan mandiri seperti ini dapat memudahkan masyarakat saat berobat ke RSUD Karawang. “Masyarakat yang mau berobat terutama di masa pandemi ini dimudahkan dengan APM, singkatnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *