SPP SMA/SMK Negeri Gratis

KARAWANG, RAKA – Ada kabar gembira. Mulai tahun ajaran baru tahun 2020, SMA dan SMK se-Jawa Barat (Jabar) gratis biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Kepala SMAN 2 Telukjambe Timur Evi Taufik mengatakan, kabar tersebut sudah didengarnya. Menurutnya, hal itu juga sudah menjadi keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Iuran bulanan akan ditanggung provinsi. Berlaku mulai tahun ajaran 2020/2021,” ungkapnya kepada Radar Karawang, Senin (13/1).

Informasi yang dihimpun, bantuan SPP gratis nantinya tidak hanya berlaku untuk SMA sederajat negeri. Bantuan ini juga berlaku untuk siswa yang tak lolos penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk difasilitasi menuntut ilmu di sekolah swasta. Sementara, untuk madrasah aliyah (MA), bantuan akan disalurkan melalui Kementerian Agama (Kemenag). Hal itu dipastikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melalui anggaran Rp1,4 triliun yang sudah disiapkan untuk 759.128 peserta didik di 835 SMA/SMK/SLB Negeri di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Anggaran itu berasal dari penghematan sejumlah pos anggaran. Di antaranya, dana bantuan sosial (bansos)/hibah hingga perjalanan dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabar.

Sedangkan biaya SPP yang akan dibayar Pemprov Jabar setiap bulannya, kata Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika sekitar Rp140 ribu-Rp190 ribu per/siswa/bulan atau Rp1,4 juta-Rp1,9 juta/tahun tergantung klaster sekolahnya. “Mekanismenya, kami akan mencoba menyesuaikan dengan kebutuhan sekolah,” ujar Dewi.

Untuk SMA sederajat swasta, menurut Dewi, akan menerima bantuan pendidikan universal. Besarannya, setiap siswa akan ditambah, dari Rp500 ribu/tahun jadi Rp550 ribu/tahun, bahkan termasuk MA swasta.

Total anggaran bantuan untuk swasta dialokasikan Rp680 miliar untuk satu tahun anggaran. Dana bantuan pendidikan universal ini, akan diberikan pada 4.146 SMA/SMK/SLB swasta dengan jumlah siswa sekitar 1,1 juta siswa. (acu/psn/rb)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *