STMIK dan STIKes Horizon Mitra PHINMA Education Filipina

KUMPUL: Mahasiswa kumpul bareng mengisi waktu luang kuliah.

KARAWANG, RAKA- Semenjak berada di bawah Yayasan Triputra Persada Horizon Education, STIKes Horizon Karawang dan STMIK Horizon Karawang yang dahulu bernama STIKes Kharisma dan STMIK Kharisma kini semakin siap memberikan value lebih kepada para mahasiswanya. Terbaru, kampus ini menjalin kemitraan dengan PHINMA Education Filipina.

Selain kemitraan dengan dunia industri di Indonesia, kemitraan dengan PHINMA Education dari Filipina juga memiliki makna strategis. Sebab PHINMA Education, merupakan salah satu jaringan pendidikan terbesar di Filipina dengan lebih dari 70 ribu siswa. Dengan demikian STIKes Horizon Karawang dan STMIK Horizon Karawang kini mempunyai mitra internasional dan hal ini merupakan satu-satunya di Karawang. Kemitraan dengan partner pendidikan internasional membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk berkolaborasi secara internasional. “Dengan demikian walaupun kampus kami berada di Karawang, namun wawasan dan kesempatan secara internasional bagi para mahasiswa kami, tidak hanya terpaku di Karawang,” ujar Rolles Herwin, ketua STMIK Horizon Karawang.

Di Filipina sendiri, PHINMA Education sudah berpengalaman mengelola bidang pendidikan sejak tahun 2004 baik sekolah maupun kampus. Beberapa kampus di Filipina yang berada di bawah pengelolaan PHINMA Education diantaranya Araullo University, Cagayan de Oro Univesity, Saint Jude College, Southwestern University, University of Ilolo, dan Univesity of Pangasinan. “Dengan kemitraan dengan PHINMA Education, maka terbuka kemungkinan bagi mahasiswa kami untuk merasakan atmosfir pendidikan internasional. Sangat terbuka kemungkinan merasakan pengalaman diajar oleh dosen dari Filipina. Sehingga para mahasiswa kita dapat mengetahui apa sih yang diajarkan di Filipina dan sejauhmana tingkat pengetahuan di sana?“ tambah Rolles.
Hal lain yang juga diserap oleh STIKes dan STMIK Horizon Karawang dari partner pendidikan internasionalnya tersebut adalah metode pembelajaran RAM Learning. Dimana RAM Learning menawarkan fleksibilitas bagi mahasiwa yang sibuk bekerja atau berada di luar kota. Juga sangat cocok bagi yang memiliki keterbatasan akses internet karena tidak melulu mengandalkan pembelajaran lewat online.

Melalui modul RAM Learning yang disusun secara saksama, mahasiswa tak perlu selalu hadir di kampus kecuali untuk praktik mata kuliah. Namun demikian bukan berarti mahasiswa dilepas belajar sendiri, tetapi dapat setiap saat berkonsultasi dan mendapatkan bimbingan langsung dari dosen ketika menemui kesulitan mengenai materi lewat berbagai saluran komunikasi seperti WA, email, dan lain-lain. Bahkan lewat metode pembelajaran RAM Learning, dimungkinkan mahasiwa dapat menyelesaikan mata kuliah lebih cepat.

STIKes Horizon Karawang yang dikenal sebagai perguruan tinggi pertama di Karawang yang menyediakan jurusan keperawatan kini menyediakan program studi Ners, S1 Keperawatan, D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan. Sedangkan STMIK Horizon Karawang memiliki jurusan S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi untuk kelas reguler serta jurusan S1 Informatika dan S1. Keduanya mempunyai akreditasi BAIK dari BAN-PT. Secara umum program studi yang ada di

STMIK Horizon Karawang dan STIKes Horizon Karawang juga terdapat di kampus-kampus yang dikelola PHINMA Edication di Filipina. Sehingga sangat terbuka kemungkinan kolaborasi dan bahkan kompetisi antar mahasiswa. “Sehingga mahasiswa kita nantinya sudah terbiasa untuk berkolaborasi bukan hanya di tingkat lokal Karawang, namun juga internasional. Juga terbiasa menguji atau beradu kemampuan dalam kompetisi dengan mahasiswa dari negara lain,” pungkas. (asy)