Tekan Kasus Pencabulan Anak

NGANTOR: Sejumlah pegawai Dinas P3A kumpul di kantor.

KARAWANG, RAKA – Pada Hari Anak Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 11 Oktober. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Karawang mengajak semua pihak untuk mendukung anak perempuan dalam meningkatkan kualitas hidupnya.

Kepala Dinas P3A Karawang Ridwan Salam menyebut, perempuan harus memiliki kualifikasi lebih untuk melindungi dirinya dari aspek pelecehan dan kekerasan. Dalam laporan yang diterimanya, per bulan Agustus tahun ini terdapat 57 kasus soal anak perempuan, dan yang paling banyak adalah kasus pencabulan terhadap anak. Untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya pelecehan atau kekerasan terhadap anak, Ridwan Salam mengaku dalam waktu dekat ini akan melakukan kampanye sosialisasi terkait anak. “Jadi harus ada waktu-waktu tertentu yang memang anak itu merasa terlindungi oleh orang tuanya,” ujarnya, di Kantor DP3A, Senin (11/10).

Ridwan Salam menambahkan, sedikitnya ada dua faktor penyebab utama yang mengakibatkan terjadinya pelecehan atau kekerasan terhadap anak yaitu mentalitas dan lingkungannya yang tidak mendukung. “Penyebab utama terjadinya pelecehan itu karena memang mentalitas dan lingkungannya juga tidak mendukung,” pungkasnya. (mra)