Telkomsel Bentuk Patriot Desa Digital

PATRIOT DESA DIGITAL: Peserta Patriot Desa Digital diberikan bekal wawasan digital.

KARAWANG, RAKA – Telkomsel memperkuat keseriusannya untuk mendukung dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program Patriot Desa Digital.

Patriot Desa Digital merupakan program CSR (Corporate Social Responsibilty) Telkomsel, bekerjasama dengan Mobisaria yang menginisiasi pembentukan komunitas berliterasi digital dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dan kualitas warga desa atau pinggir kota kecil. Kali ini melalui Patriot Desa Digital juga Telkomsel mengajak para pengusaha muda Karawang untuk bergabung mengikuti seminar pengembangan ekonomi kreatif dan solusi layanan digital untuk menunjang usaha Creative Millennials. “Melalui Patriot Desa Digital, kami ingin memberikan edukasi digital guna pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat dan Creative Millennials. Sehingga menciptakan lapangan kerja baru di era digital serta membantu bisnis masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meluaskan pasar dan meningkatkan produktifitas,” kata Manager CSR Program Support Management Telkomsel Yanto Santoso.

Program Patriot Desa Digital mendapat apresiasi langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena turut mendukung terwujudnya program Desa Digital Jabar. Program ini akan diselenggarakan di 5 kota di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar yang diperuntukkan bagi BUMDES, UMKM, BMT melalui edukasi literasi digital. Di dalam implementasinya akan melibatkan lembaga keuangan non-bank Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atau Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS). Beberapa aktivitas dalam program ini antara lain adalah seminar, workshop, serta asistensi dan monitoring kepada lebih dari 750 Patriot Desa Digital di 250 Desa seluruh Indonesia serta 50 BMT mulai bulan Maret hingga Desember 2019. “Kami sangat mengharapkan adanya kerjasama dan kolaborasi, khususnya pendampingan kepada masyarakat dan UMKM untuk meningkatkan produktiftas usaha dan cara tepat untuk mempromosikan produk andalan melalui layanan Telkomsel,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang Asep Junaidi.

Seminar dan talkshow dengan tema pemberdayaan ekonomi desa dengan teknologi yang bertujuan memberikan wawasan kepada masyarakat desa tentang pemanfaatan produk dan aplikasi dalam membangun ekonomi digital serta semangat meraih kesuksesan usia muda di era digital. Seminar ini berlangsung selama 1 hari dan mengakomodir 300 peserta dari kalangan masyarakat desa sasaran, yang kemudian diseleksi untuk mendapatkan 150 Patriot Desa Digital di setiap kota penyelenggaraan. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here