Terima Masukan Warga dalam Susun Program

SURVEI : Pemerintahan Desa Lemahmukti saat melakukan pengecekan titik yang akan dibangun.

KARAWANG, RAKA – Dalam membangun desa, banyak hal yang mesti diperhatikan. Khususnya sisi kebutuhan yang disesuaikan dengan sisi ekonomi kemasyarakatan.

Melihat mayoritas usaha masyarakat Desa Lemahmukti, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang yang bertani, kadesnya terus berupaya untuk menggenjot di bagian itu.
“Sebelum mulai pembangunan, selain keinginan masyarakat, kita lihat dulu kebutuhan mendesaknya apa. Kalau melihat desa kita banyak petani, kita upayakan membantu usaha masyarakatnya dulu,” ucap Kades Lemahmukti H Damung.

Dengan demikian, pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, sebelumnya ada musyarawarah antar tokoh masyarakat di tiap-tiap dusun, atau biasa disebut Musdus.
Di dalamnya, pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memilih, sisi mana yang harus diutamakan.

Selain itu, sisi pelayanan juga tidak bisa dianggap enteng.
Justru sisi keadministrasian yang menyangkut dengan data diri masyarakat sangatlah penting. Maka dari itu, ia berupaya untuk memperbaiki sisi pelayanan kepada masyarakat. “Pelayanan itu tugas kita di kantor desa, jadi kita ingin masyarakat dan pegawainya merasa nyaman, makanya kita terus benahi kantor desa,” terangnya.

Setelah sisi kebutuhan masyarakat selesai, mulai dari segi ekonomi dan pelayanan, tinggal dari sisi yang lain. Namun tidak bisa sekaligus, membutuhkan oroses dan waktu agar bisa berjalan dengan lancar. (rok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here