Tiga Camat, Dua Lurah Masih Plt

KARAWANG, RAKA – Entah apa yang menjadi hambatan bagi Pemerintah Kabupaten Karawang untuk mengangkat para pejabat definitif di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Karena hingga kini dari mulai Kecamatan Telukjambe Timur, Rengasdengklok, Kutawulya, status camatnya masih pelaksana tugas (plt).
Hal serupa juga terjadi di Kelurahan Karawang Wetan dan Tunggakjati.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai ASN Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang Jajang Jaenudin mengatakan, kekosongan pejabat SKPD tingkat dinas, kecamatan sampai kelurahan masih diisi oleh plt sebagai solusi belum adanya pejabat definitif. “Pejabat definitifnya saat ini yang kosong itu berhalangan tetap. Jadi di instansi kecamatan dan kelurahan itu bisa dibackup oleh plt,” katanya kepada Radar Karawang, Rabu (26/9) kemarin.

Ia melanjutkan, menurut Undang Undang Nomor 30 Pasal 14 tentang Administrasi Pemerintahan, jika dalam menjalankan tugas sekalipun dipimpin oleh plt, fungsi dan tugasnya sudah seperti pimpinan pejabat di SKPD tersebut. “Yang kosong saat ini di Kecamatan Telukjambe Timur, Rengasdengklok dan Kutawalutya. Kelurahan Karawang Wetan dan Tunggakjati. Ada juga yang kosong di tingkat kepala bidang dan kepala seksi di dinas,” tuturnya.

Saat ini lanjut Jajang, belum ada lagi kabar kapan akan adanya pengadaan perubahan jabatan. “Rencananya kapan kita juga belum ada arahan. Kita masih menunggu adanya anggaran. Jadi tanggung kalau mau tes penyeleksian hanya satu atau dua saja,” katanya. (apk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here