Tiga Tahun Tidak Pulang Kampung

AKHIRNYA MUDIK: Puluhan peserta mudik gratis diberangkatkan ke kampung halaman.

KARAWANG, RAKA – Polres Kabupaten Karawang telah melakukan pelepasan peserta mudik gratis. Tujuan keberangkatan ke arah Cirebon hingga Semarang. Keberangkatan dilaksanakan pukul 08.30.
Safaatun, peserta mudik mengungkapkan jika merasa senang dengan adanya program mudik gratis. Ia tidak pulang menuju kampung halaman sudah selama tiga tahun. Ia mengetahui program tersebut dari saudara sejak 22 April 2022 kemudian langsung mendaftarkan diri. Ia akan mudik menuju Semarang, Jawa Tengah. “Senang alhamdulillah bisa mudik. Saya ke arah Semarang, udah tiga tahun gak pulang. Tahu dari saudara-saudara banyak yang share dan langsung daftar. Saya memang asli dari sana,” katanya, Selasa (26/4).
Jumlah peserta mudik gratis sebanyak lima puluh lima masyarakat. Peserta mudik diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin dosis ketiga sebagai salah satu persyaratan. “Tadi pagi telah kami lakukan pemberangkatan mudik gratis ke arah Cirebon sampai Semarang. Hari ini jumlah peserta yang terdaftar ke arah tujuan tersebut ada lima puluh lima orang,” ujar AKBP Aldi Subartono, Kapolres Kabupaten Karawang.
Ia melanjutkan, tujuan dari program tersebut untuk memecah kepadatan saat arus mudik. Selain itu untuk membantu masyarakat dalam meringankan biaya mudik. Kemudian ia kembali memaparkan dengan memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor. “Program mudik gratis tahun ini semoga dapat betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat. Semoga adanya program ini dapat mampu meringankan beban biaya ongkos warga yang ingin pulang kampung, dimana warga yang akan mudik terbantu dari segi biaya atau ongkos dan utamanya menekan penggunaan motor untuk mudik supaya masyarakat dapat aman dan nyaman menuju kampung halaman,” sambungnya. (nad)