METROPOLIS

Tingkatkan Ekonomi Mandiri, Warga Puseurjaya Ikuti Pelatihan Akuaponik

KARAWANG,RAKA – PT HM Sampoerna bersama Senyum Untuk Negeri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan ekonomi mandiri masyarakat dengan menggelar acara simbolis pemberian akuaponik dan pelatihan akuaponik di Desa Puseurjaya, Kecamatan Telukjambe Timur.
Program yang digelar 16 Mei 2024 ini, merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendekatan inovatif dalam pertanian dan perikanan. Acara ini turut dihadiri oleh mahasiswa pertanian Unsika, UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Telukjambe Timur, Kasi Umum Pemerintah Desa Puseurjaya, dan PT HM Sampoerna. Dua kelompok penerima manfaat yang diketuai oleh Hadi dan Agus menerima bantuan berupa 5 paket akuaponik dengan total 2.000 benih kangkung dan 2.000 benih lele. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi keberlanjutan ekonomi lokal serta memperkuat kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan ekonomi. “Kami bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh HM Sampoerna melalui program akuaponik ini. Bantuan seperti ini yang kita butuhkan, bukan hanya pemberian alat dan bahan namun ada juga pendampingan serta pelatihan agar program ini dapat berjalan dengan baik. Besar harapan kami dalam keberhasilan program ini hingga dapat bernilai jual dan terpasarkan nantinya,” kata salah seorang penerima manfaat Agus.
Kasi Umum Pemerintah Desa Puseurjaya, Ramdan berharap, program ini dapat memberikan dampak kesejahteraan masyarakat di Desa Puseurjaya. “HM Sampoerna adalah salah satu perusahaan yang sering memberikan bantuan kepada desa kami. Bantuan dari sampoerna bukan hanya berupa sarana dan prasarana saja, namun HM Sampoerna juga sangat peduli terhadap kapasitas keahlian masyarakat kami, seperti misalnya program akuaponik ini. Selain mendapatkan alat dan bahan, warga kami mendapatkan kemampuan tambahan dalam pembudidayaan dan manajemen akuaponik oleh trainer yang ahli dalam bidangnya. Saya berharap dengan adanya program ini akan menjadi potensi desa kami yang berkembang dan berkelanjutan,” ucapnya.
Sementara itu, kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat, mengatakan bahwa program ini merupakan komitmen dan upaya Sampoerna dalam mendukung keberlanjutan program untuk kemajuan perekonomian Kabupaten Karawang melalui payung program Sampoerna Untuk Indonesia, khususnya pilar Sosial, yakni kesejahteraan sosial ekonomi pada masyarakat luas di wilayah perusahaan beroperasi. Di samping itu, program ini juga dapat menambah keterampilan di bidang pertanian dan perikanan masyarakat Desa Puseurjaya. “Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari inisiatif ini untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Desa Puseurjaya melalui pengembangan akuaponik. Program ini tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka,” paparnya.
Acara simbolis pemberian akuaponik dan pelatihan auaponik ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam perjalanan menuju pertanian dan perikanan yang lebih berkelanjutan dan mandiri di Desa Puseurjaya. PT HM Sampoerna berharap bahwa melalui kolaborasi ini, masyarakat Desa Puseurjaya dapat terus berkembang dan meraih kemakmuran yang berkelanjutan. Sebagai upaya lanjutan, PT HM Sampoerna juga berkomitmen untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap implementasi program ini agar masyarakat Desa Puseurjaya dapat meraih potensi penuh dari program ini. (asy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights