Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Pelajar

KARAWANG, RAKA – Tawuran pelajar masih saja terjadi. Sejumlah langkah sudah dilakukan Pemda Karawang, selain membina pelajar pelaku tawuran di Kodim, nuansa keagamaan juga dimunculkan di lingkungan sekolah untuk meminimalisir tawuran pelajar.

Pemda Karawang mengeluarkan regulasi untuk melakukan tindakan preventif terhadap siswa yang kerap terlibat tawuran. “Salah satunya dengan penataran dasar kedisiplinan, mengubah karakter siswa-siswi ini harus bisa kita ubah, kita harus bahu membahu bersama semua sekolah yang ada di Karawang,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri, saat memberikan arahan kepada para kepala SMA/SMK dan SMP baru-baru ini.

Diteruskannya, regulasi tersebut mengatur, salah satunya para pelajar sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar harus dimulai dengan mengaji dan membaca Asmaul Husna, pun sebelum mereka pulang dari sekolah masing-masing melakukan hal yang sama. Selain itu, pembinaan norma etika, baik di internal maupun eksternal juga perlu dilakukan, termasuk mengoptimalkan kembali Satgas Pelajar di setiap daerah atau kecamatan di Kabupaten Karawang. “Ini untuk membenahi semua, dan diperlakukan regulasi ini,” tegasnya.

Tak hanya meningkatkan nuansa keagamaan, meminimalisir terjadinya tawuran pelajar, polisi dan TNI juga turun langsung ke sekolah menjadi pembina saat upacara bendera. Pelajar diberikan pemahaman kebangsaan supaya terhindar dari perilaku negatif. “Kita terjun ke sekolah-sekolah untuk memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para peserta didik,” kata Komandan Koramil (Danramil) 0406 Cikampek Kapten Inf Suryadi, saat datang ke SMKN 1 Tirtamulya, Senin (27/1).

Siswa diberikan pemahaman tentang ideologi bangsa dan pentingnya cinta tanah air. “Untuk menjadikan generasi muda memiliki pengetahuan yang luas dan keterampilan serta mempunyai rasa tanggung jawab,” pungkasnya. (acu/kom)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *