Vaksin Tiba Awal Februari

DUKUNG VAKSINASI: Sejumlah tokoh agama tanda tangan dukungan vaksinasi Covid-19.

KARAWANG, RAKA – Vaksin di Kabupaten Karawang akan datang pada awal Februari. Saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) sedang mempersiapkan gudang penyimpanan vaksin.

Kabupaten Karawang direncanakan untuk mendapatkan vaksin pada awal Februari. Tahap persiapan gudang vaksin telah memasuki pengecoran lantai. Dinkes hingga saat ini masih menggunakan kulkas vaksin sebagai tempat menyimpan vaksin hingga gudang vaksin selesai dibangun. Tahap pertama pemberian vaksin akan dilakukan bagi tenaga kesehatan terlebih dahulu. “Pertama kali yang akan divaksin itu tenaga kesehatan sebanyak 11.000,” ujar Nanik Jodjana, kepala Dinas Kesehatan, Selasa (12/01).

Vaksin yang diturunkan pada awal Februari sebanyak 5.000. Hal ini seluruhnya akan diberikan bagi tenaga kesehatan. Selanjutnya vaksin akan diberikan bagi TNI, Polri dan pejabat publik di Kabupaten Karawang. Dinkes masih menggunakan kulkas khusus vaksin untuk tempat penyimpanan hingga gudang vaksin selesai dibangun. Vaksin memerlukan suhu delapan derajat celcius. Tempat isolasi akan ditambahkan kembali. Tempat yang akan digunakan yakni hotel.

Pelaksanaan vaksinasi akan disebar sebanyak 114 lokasi. Sebagai persiapan, sosialisasi vaksin kemarin telah dilaksanakan di kantor Pemerintah Daerah Karawang dihadiri oleh sekretaris daerah, MUI, NU, IDI dan PPNI. Mereka yang hadir telah menandatangi persetujuan adanya vaksin di Kabupaten Karawang. Hal ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya vaksin.

Sementara itu dari pihak masyarakat masih ada yang memiliki rasa takut terhadap vaksin. Hal ini disebabkan oleh informasi yang masih belum jelas. Masyarakat memilih untuk tidak mengikuti vaksin. Saat ada denda bagi masyarakat yang tidak mau divaksin, ia memilih untuk membayar denda. “Saya takut untuk divaksin, karena yang saya tahu vaksin memiliki efek samping dan kalaupun nanti ada denda lebih baik saya membayar denda,” kata Nur Hidayat, salah seorang pedagang kaki lima di Karawang. (cr6)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka