Woodball Efektif Bakar Kalori

Pelatih Woodball Karawang Novi Kharisma

KARAWANG, RAKA – Rajin berolahraga merupakan salah satu aspek penting dalam pola hidup sehat. Banyak manfaat yang bisa diambil dari berolahraga baik itu untuk kesehatan fisik dan mental.

Woodball (bola kayu) menjadi salah satu opsi untuk berolahraga yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama. Olahraga ini menuntut pemainnya memukul bola kayu ke dalam gate dari jarak tertentu. Mirip dengan olahraga golf hanya saja menggunakan peralatan yang berbeda bahannya.

Pelatih Woodball Karawang Novi Kharisma mengatakan olahraga woodball efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Hal ini karena dalam olahraga woodball pemain mesti berjalan dengan jarak yang cukup jauh. Ia mencontohkan, dalam 1 hari dirinya dapat memainkan 4 game, yang mana sedikitnya ia mesti melangkah 5.000 kali bahkan lebih. Dari jumlah langkah tersebut dapat membakar hingga 2.800 kalori. “Itu 48 gate, 1 gate nya bisa 40 sampai 75 meter, tinggal dikali saja 48 gate berapa meter tuh kita melangkah,” ujarnya, Rabu (18/11).

Woodball juga melatih daya tahan tubuh pemainnya, sebab olahraga ini dimainkan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selama itu pemain woodball mesti berjalan dan melakukan gerakan pukulan. Olahraga ini juga melatih fokus karena pemain dituntut untuk mensikronkan akurasi pukulan dan kekuatan pukulan. “Harus fokus, kalau daya tahan tubuhnya jelek tingkat fokusnya juga jelek, jadi hasil game dan akurasi saat menembak juga bakalan jelek kalau kita nggak punya daya tahan tubuh yang bagus,” jelasnya.

Novi juga mengingatkan ada hal yang mesti diperhatikan sebelum bermain woodball, yakni pemanasan untuk mencegah terjadinya cedera. Pastikan juga sebelum olahraga sudah ada asupan makanan yang cukup dan hindari makanan pedas saat bermain. “Makanya anak-anak (atlet woodball) makan porsinya banyak, padahal olahraganya kaya yang nggak capek, tapi woodball ini sebenarnya memakan energi yang cukup banyak, selain bergerak juga harus mikir dan fokus,” pungkasnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *