NASIONAL

Kalahkan Filipina, Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Radarkarawang.id- Naik level. Mungkin itulah kata-kata yang tepat bagi perkembangan Timnas Indonesia saat ini. Tidak lagi tersingkir di putaran pertama, putaran kedua, kini Timnas Indonesia melangkah jauh di kualifikasi Piala Dunia. Di pertandingan terakhir, Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (11/6). Hasil ini, memastikan Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.
Pertandingan dimulai dengan intensitas tinggi, di mana kedua tim saling menyerang untuk membuka keunggulan. Timnas Indonesia, yang tampil dengan formasi 3-4-3 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong, menunjukkan dominasi sejak awal pertandingan. Lini belakang yang dijaga oleh Ernando Ari di posisi penjaga gawang, serta Justin Hubner, Jay Idzes, dan Rizky Ridho sebagai trio bek, berhasil menahan serangan-serangan Filipina dengan solid.
Di lini tengah, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Asnawi Mangkualam bekerja keras untuk menguasai bola dan mengatur serangan. Sementara itu, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan, dan Rafael Struick mengisi lini depan, siap menerobos pertahanan lawan. Memasuki menit ke-32, momen krusial terjadi. Thom Haye, gelandang andalan Timnas Indonesia, melepaskan tembakan terarah dari luar kotak penalti. Menggunakan kaki kanannya, Haye mengirimkan bola melesat cepat ke arah gawang Filipina yang dijaga oleh Kevin Ray Mendoza, kiper Persib Bandung.
Mendoza, meskipun berusaha keras, gagal menghalau bola yang menghujam jala gawangnya. Gol indah ini disambut sorak sorai ribuan penonton di SUGBK yang bersorak merayakan keunggulan Garuda. Gol spektakuler Thom Haye tidak hanya mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia, tetapi juga meningkatkan semangat dan kepercayaan diri seluruh tim. Haye, yang bermain dengan penuh determinasi dan kreativitas, menunjukkan kelasnya sebagai salah satu pemain kunci dalam skuad Shin Tae-yong. Tendangan jarak jauh yang menggetarkan jala lawan tersebut menjadi bukti kemampuannya dalam menciptakan peluang dari lini tengah.
Timnas Indonesia terus menekan pertahanan Filipina setelah gol tersebut. Calvin Verdonk dan Asnawi Mangkualam berkali-kali mengancam dari sisi sayap, sementara Marselino Ferdinan dan Ragnar Oratmangoen melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lawan. Namun, hingga babak pertama berakhir, skor tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Indonesia.
Memasuki babak kedua, Filipina mengubah strategi tidak lagi menunggu tapi melakukan inisiatif menyerang. Akibatnya, di awal-awal babak kedua, Filipina memiliki sejumlah peluang yang mengancam gawang Indonesia. Namun, kokohnya pertahanan Indonesia peluang tersebut gagal berbuah gol.
Meski terus ditekan, Indonesia tetap tampil menekan. Hasilnya, di menit ke-56 Indonesia menggandakan keunggulan melalui kepala Rizky Ridho. Gol ini berawal dari tendangan Nathan yang mengirim bola ke depan gawang. Bola yang melengkung langsung disambut Rizky Ridho dan berhasil menjebol gawang Kevin Mendoza untuk kedua kalinya.
Setelah gol tersebut, Filipina semakin bersemangat menyerang untuk membalas gol Indonesia. Begitu pun dengan Indonesia tidak puas dengan dua gol, serangan demi serangan terus dilancarkan. Namun, hingga peluit akhir dibunyikan, tidak ada gol tercipta lagi. Skor 2-0 pun bertahan hingga pertandingan ini berakhir. Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia berhak melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. (asy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights