Pelayanan Puskesmas Munjuljaya Dikeluhkan Masyarakat
PURWAKARTA, RAKA – Sejumlah masyarakat Munjuljaya keluhkan pelayanan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Munjuljaya, Purwakarta. Pasalnya, ketika masyarakat tersebut hendak mengurus keperluan di pelayanan kesehatan yang tersedia di Puskesmas pada Pukul 13.15 WIB atau setelah jam istirahat, pihak Puskesmas sudah tidak lagi menerima masyarakat yang hendak mengurusi pelayanan kesehatan.
Seorang warga berinisial AM (38) mengatakan, bahwa pelayanan kesehatan Puskesmas Munjuljaya saat ini terbilang cukup buruk. Ia mengaku merasa kebingungan, sebab meski waktu telah menujukan Pukul 13.15 WIB, bagian pelayan Puskesmas tak kunjung di buka kembali. “Saya juga gak tahu masih istirahat atau enggak. Harusnya sudah lewat sudah buka, sudah lewat jam satu,” ucap pria tersebut, Selasa (4/6).
Lebih lanjut, ia mejelaskan, berdasarkan keterangan dari bagian pelayanan, dijelaskan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut telah di tutup dan akan dilanjukan kembali pada esok hari. “Tadi sudah tutup katanya. Sekarang mah buruk pelayanannya gak kayak dulu. Dulu pelayanan sampai jam dua jam tiga,” jelasnya.
Warga tersebut mengungkapkan, bahwa dirinya hendak mengurusi surat keterangan kesehatan untuk keperluan anaknya. Namun, karena pelayanan di Puskesmas sudah tutup, ia kini akan mencari alternatif lain. “Ini mau ngurusin keterangan kesehatan untuk anak, sekolah, ungkapnya.
Hal senada juga disampaikan oleh warga lainnya yang tidak mau disebutkan namanya, ia menuturkan, bahwasanya dirinya hendak mengurusi keperluan yang sama dengan warga yang sebelumnya. Ia mengaku merasa kebingungan, pasalnya keperluannya tersebut harus sesegera mungkin untuk keperluan anaknya sekolah. “Sama mau ngurus kayak si bapak itu. Tapi sudah tutup paling besok lagi,” tutur seorang wanita berusia 34 tahun tersebut.
Ia juga mengaku, bahwa dirinya pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakan saat melakukan pelayanan di Puskesmas tersebut. Ia menyebut, saat kejadiannya itu, kondisi pelayanan sedang ramai dan mengantri sehingga dirinya harus menunggu bahkan hingga terpotong oleh waktu istirahat. Dirinya di janjikan oleh bagian pelayanan untuk kembali setelah jam istirahat selesai. Namun, ketika ia kembali kondisi pelayanan masih tetap dalam kondisi tutup dan pelayanan tidak di buka kembali. “Pernah saya waktu itu ngantri terus kepotong jam istirahat. Jadi di suruh balik lagi jam satunya. Tapi pas balik lagi pelayanannya gak buka malah tutup,” ungkapnya.
Sementara itu, saat dikonfirmasi, Kepala UPTD Puskesmas Munjuljaya mengatakan, sistem pelayanan kesehatan di Puskesmas berbasis komuputerisasi sehingga pelayanan dilakukan hingga pukul 13.30 WIB. “Sekarang pelayanannya komputerisasi. Memang bukan sampai setengah dua. Harusnya jam satu sudah selesai tapi kadang suka ada administrasi yang harus di selesaikan,” pungkasnya. (yat)