Perayaan Imlek dan Cap Go Meh
Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Jabodetabek

XL Axiata telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Ada kemungkinan terjadi lonjakan trafik selama perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh yang lebih tinggi dari tahun lalu, mengingat pemerintah sudah mencabut kebijakan pembatasan terkait pandemi.
Jakarta, 17 Januari 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh wilayah Jabodetabek siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh yang akan berolangsung tidak lama lagi. XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data sekitar 8% dibanding hari normal. Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh terbesar di wilayah Jabodetabek, seperti Jakarta, Bogor, Depok Tangerang juga Bekasi.
Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan, “Tahun lalu saat masih ada pandemi saja trafik ada kenaikan. Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, terutama di Jakarta dan Bogor, selalu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat Tionghoa. Ribuan orang akan datang ke Jakarta dan Bogor untuk merayakan kedua hari besar tersebut. Untuk itulah kami akan menyiapkan jaringan yang memadai.”
Menurut Sofia, meskipun kenaikan trafiknya tidak akan sebesar Lebaran atau Nataru dan juga lebih terkonsentrasi di beberapa kota saja, namun XL Axiata tetap menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara kenaikan trafik layanan percakapan (voice) diperkirakan stabil. Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 5%. Selain itu, layanan seperti Video Call, Web Browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.
Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, pusat-pusat keramaian, seperti antara lain pusat perbelanjaan, terminal dan juga bandara. XL Axiata juga menyiapkan 14 unit mobile BTS (MBTS) untuk memastikan performa jaringan di sejumlah lokasi.
Jaringan data berkualitas XL Axiata di Jabodetabek ditopang oleh lebih dari 28.800 BTS, termasuk lebih dari 12.900 BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan yang lebih besar dari hari normal. Layanan di wilayah DKI Jakarta ditopang oleh lebih dari 5.400 BTS 4G. Sementara itu di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor ditopang oleh lebih dari 2.200 BTS 4G untuk mengcover titik-titik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.
Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan layanan selama perayaan Imlek, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap. Pelanggan bisa menghubungi petugas call center selama 24 jam, melalui 817, 818 dan 838 serta channel layanan berbasis digital yaitu @myXLCare untuk twitter dan Facebook Page, live chat di www.xl.co.id, dan email customerservice@xl.co.id. Untuk pelanggan kartu axis juga bisa melalui @ask_AXIS untuk twitter, live chat di www.axis.co.id dan email cs@axisnet.id.
Tentang XL Axiata
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Dwi P. Nugraha
Corporate Communications XL Axiata
Telp: +62 818 822 223
Email: DwiPN@xl.co.id