PURWAKARTA

Norman Klaim Layanan Publik Bikin Puas Masyarakat

PURWAKARTA, RAKA – Kepuasan masyarakat terkait dengan sejumlah pelayanan publik di lingkungan Pemkab Purwakarta diklaim terus meningkat.
“Pada semester pertama tahun 2023 indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan publik Pemkab Purwakarta sangat baik, mendapatkan nilai 88,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha pada Lokakarya Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik, Kamis (27/10).
Menurutnya, jika dibandingkan dengan semester kedua tahun 2022 yang mendapatkan nilai 86, nilai indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada tahun ini mengalami kenaikan.
Namun meski nilai indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik terus naik, tuntutan masyarakat tidak bisa ditinggalkan. Melalui rencana pembangunan daerah tahun 2024-2026 dan khusus tahun depan, ada 12 prioritas pembangunan Pemkab Purwakarta.
Dari 12 prioritas tersebut, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menekankan lima program super prioritas yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ketahanan pangan dan pelayanan publik.
Norman berharap, melalui kegiatan lokakarya survei kepuasan masyarakat dan forum konsultasi publik, akan muncul kesepahaman bagi seluruh perangkat daerah. Untuk itu, seluruh peserta lokakarya diharapkan bisa mengerti dan memahami pentingnya proses pelayanan yang diberikan.
Menurutnya, banyak indikator yang menjadi penilaian terhadap proses layanan yang diberikan. 0″Survei kepuasan masyarakat sangat penting karena kita bisa mengevaluasi apa yang menjadi permasalahan dan kendala untuk bisa menjadi bahan perbaikan,” ujarnya.
Dia juga mengingatkan seluruh perangkat daerah untuk tidak main-main, karena urusan pelayanan merupakan suatu komitmen yang sudah dibangun dari sisi kebijakan kepala daerah. (atr)

Related Articles

Back to top button