Hari Tuberkulosis Sedunia, PB STPI dan Dinas Kesehatan Gelar Gebyar Skrining TB

Peringatan Hari TB Sedunia di Kecamatan Cikampek.

CIKAMPEK, RAKA- Memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada 24 Maret 2022, IU Konsorsium Penabulu-STPI Kabupaten Karawang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, serta Puskesmas Cikampek menyelenggarakan Gebyar Skrining TB dan Layanan Tes Kesehatan cuma cuma.

Acara tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat untuk peka terhadap gejala TB dan segera melakukan Tes ke puskesmas terdekat, adapun cek kesehatan gratis yang di fasilitasi adalah cek tensi darah, cek gula darah, cek kesehatan umum. Sasarannya adalah masyarakat sekitar Puskesmas Cikampek, mengingat wilayah Cikampek adalah salah satu kantung TB terbanyak di Karawang. Bertempat di Posyandu Teratai VI tepatnya di Dusun Sukajadi Desa Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek. Acara berlangsung dengan tertib dang sangat memperhatikan protokol kesehatan. “Alhamdulillah, kita terbantu dengan adanya acara ini, jadi bisa cek kesehatan, dan juga dikasi obat gratis, semoga bisa sering sering ada kegiatan seperti ini lagi,” kata Mak Ani, salah satu peserta, Selasa (29/3/2022).

Tazkiyatun Nufus, staf Program IU PB STPI Karawang, menyampaikan, kegiatan ini merupakan ikhtiar bersama agar bisa eliminasi TB, khususnya di Daerah Cikampek yang banyak kantung TB nya, dan menginformasikan kepada masyarakat bahwa layanan pemeriksaan TB di tiap puskesmas adalah gratis sampai sembuh. “Mari kita Temukan Obati Sampai Sembuh TBC dan Eliminasi TBC di Karawang,” singkatnya. (asy)