Melawan Gadget dengan Literasi

BUDAYA LITERASI: Relawan Taman Baca Masyarakat (TBM) Sanggar Juang, Desa Cirejag, Kecamatan Jatisari, sedang membudayakan literasi di desa tersebut.

Taman Baca Masyarakat Sanggar Juang

JATISARI, RAKA – Dunia literasi di Karawang nampaknya semakin merebak di masyarakat. Banyak taman baca masyarakat (TBM) yang bermunculan di desa-desa yang diinisiasi oleh para pemuda. Salah satunya adalah TBM Sanggar Juang, Desa Cirejag, Kecamatan Jatisari.

Salah satu pengurus TBM Sanggar Juang, Ayu Sri Indriyani menuturkan, TBM tersebut baru terbentuk pada Juni 2020. Berawal dari keprihatinan terhadap anak-anak yang mengalami kesulitan belajar di masa pandemi corona, karena tak bisa berangkat ke sekolah. “Jadi kita bantu mereka belajar, misalkan gak ada yang gak ngerti (pelajarannya) bisa ditanyain,” tuturnya, Rabu (21/10).

Nama Sanggar Juang sendiri diambil dari nama PKBM Sanggar Juang yang sudah lebih dulu ada. Adapun yang mengelola TBM ini adalah anggota Sakawira Kartika Jatisari. Meski demikian, ada juga pemuda setempat yang aktif menjadi relawan literasi. Tercatat ada 10 anggota aktif di TBM Sanggar Juang.

Ayu mengatakan, TBM Sanggat Juang biasa menggelar lapak buku di taman I Love Cirejag setiap Minggu pukul 14.00 WIB. Masyarakat boleh membacanya gratis, bahkan mereka juga kerap mengadakan kegiatan mewarnai atau mendongeng untuk anak-anak. Cukup banyak koleksi buku TBM ini, mulai dari buku bacaan untuk usia PAUD, SD, SMP dan umum. Jenisnya pun bermacam-macam seperti buku dongeng, novel, majalah, buku pelajaran, kamus, dan pengetahuan umum dengan total koleksi sekitar 200 buku.

Menurutnya, literasi sangat penting terutama untuk anak-anak agar tidak kecanduan gawai dan game. Hadirnya TBM Sanggar Juang diharapkan menjadi solusi untuk mudah mengakses buku dan meningkatkan minat baca. Tentunya juga dapat membantu anak-anak untuk belajar selama pandemi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Motivasi Ayu sendiri aktif di TBM Sanggar Juang untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Menurutnya dengan kegiatan seperti menjadi wadah untuk berbagi ilmu dan belajar bersama. “Semoga TBM Sanggar Juang kedepannya semakin sukses dan maju, berjalan dengan lancar terus tidak ada hambatan,” harapnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *