Pemuda Muhammadiyah Latih Kader Baru

BERSEMANGAT: Sejumlah kader baru dan pengurus Pemuda Muhammadiyah Cabang Cikampek di sela kegiatan Baitul Arqam Dasar.

Baitul Arqam Dasar Dua Hari

CIKAMPEK, RAKA – Dalam dua hari terakhir, sekumpulan pemuda dari berbagai desa di Cikampek, Kotabaru, dan Tirtamulya digembleng dalam kegiatan Baitul Arqam Dasar yang digelar Pemuda Muhammadiyah Cabang Cikampek di Kompleks Masjid Al Ikhwan, Kampung Krajan, Desa Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek.

Ketua panitia pelaksana, Eddi Supriadi mengatakan, ada 23 orang calon kader Pemuda Muhammadiyah Cikampek yang mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, Baitul Arqam Dasar wajib diikuti jika ingin masuk dalam organisasi kepemudaan di bawah naungan Muhammadiyah tersebut. “Kegiatannya dua hari satu malam. Alhamdulillah seluruh peserta mengikutinya dengan serius dan gembira,” tuturnya kepada Radar Karawang.

Ia melanjutkan, materi yang diberikan kepada puluhan calon kader tersebut, seputar Keislaman, Kemuhammadiyah, organisasi Pemuda Muhammadiyah, kebangsaan, dan entrepreneurship. “Lima materi wajib itu harus benar-benar dipahami oleh peserta,” tuturnya. Menurut Eddi, Baitul Arqam Dasar saat ini agak sedikit berbeda dengan sebelumnya. Selain di masa pandemi, juga ada tambahan materi yaitu entrepreneurship agar para pemuda bisa lebih mandiri secara ekonomi. “Kami menekankan agar para pemuda lebih menitikberatkan pada wirausaha. Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dan pendiri Muhamamdiyah, KH Ahmad Dahlan,” katanya.

Fahri (21) peserta Baitul Arqam Dasar mengaku bergembira mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, ada hal menarik selama kegiatan berlangsung. “Tidak monoton kegiatannya. Kita bergembira, namun tetap serius,” ujarnya.
Salah satu materi yang dia senangi adalah tentang organisasi Pemuda Muhammadiyah. Menurutnya, materi yang dibawakan oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Karawang Gustiawan membuka wawasannya, dan membuat dia lebih tertarik berkecimpung dalam organisasi. “Saya jadi sangat bersemangat. Tak sabar untuk membuat beragam kegiatan,” ujarnya.

Hal serupa dikatakan oleh Rohimin (22). Menurutnya kegiatan Baitul Arqam Dasar yang diikutinya itu membuka cakrawala berpikirnya. “Mudah-mudahan potensi yang saya miliki akan jauh lebih berkembang setelah bergabung di Pemuda Muhammadiyah,” ungkapnya.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cikampek Rusyana saat membuka acara mengatakan, kegiatan BAD ini menjadi cikal bakal lahirnya kader-kader muda Muhammadiyah. “Pemuda Muhammadiyah harus bisa terlibat dalam setiap kegiatan kemasyarakatan,” katanya. (psn)