Proposal Usulan Pemekaran Cikampek Sudah Masuk Pemda

KUNJUNGI DPRD : Tim CDOB Cikampek berkunjung ke DPRD Karawang untuk memberikan proposal pemekaran Cikampek.

CIKAMPEK, RAKA – Sejumlah jajaran pengurus KPP DOB Kota Cikampek menyambangi kantor bupati dan DPRD Karawang. Mereka menyerahkan secara resmi Proposal Usulan Pembentukan Daerah Persiapan Kota Cikampek Pemekaran Kabupaten Karawang.
“Ini merupakan hari bersejarah bagi perjuangan Pemekaran Kota Cikampek. Karena aspirasi Pemekaran Cikampek sudah bergulir sejak 30 tahun lalu tapi baru kali ini mengajukan secara resmi pada Pemerintah,” ujar ketua KPP DOB Kota Cikampek Jajat Munajat, Selasa (22/9).

Dia menyampaikan, proposal yang disampaikan telah memenuhi persyaratan pemekaran daerah sesuai dengan UU No 23/2014. “Ada dua persyaratan usulan pemekaran daerah yaitu persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan administrasi,” ujarnya.

Persyaratan kewilayahan DOB Kota Cikampek yang terdiri dari luas wilayah, jumlah penduduk minimal, jumlah kecamatan, batas wilayah dan usia kabupaten dan kecamatan, telah memenuhi persyaratan. “Semuanya kami tuangkan dalam bebtuk proposal,” ujarnya.

Sedangkan untuk persyaratan administrasi yaitu persetujuan pemekaran daerah lewat Keputusan Musyawarah Desa dari calon cakupan wilayah pun telah dilaksanakan dan dituangkan dalam berita acara yang diserahkan kepada bupati dan Ketua DPRD. “Berdasarkan Proposal yang kami sampaikan tersebut kami harap bupati dan DPRD segera menindaklanjuti dan diteruskan ke Gubernur setelah dibuat persetujuan bersama Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Karawang,” ujarnya.

Sedangkan kajian kelayakan kapasitas daerah nanti akan dikaji oleh provinsi, tetapi data mentahnya sudah disiapkan dalam proposal. “Hari ini memang agenda kita hanya menyerahkan dokumen proposal lewat staf bupati dan Sekwan. Selanjutnya akan diatur waktu audiensi dengan bupati dan DPRD setelah mereka mempelajari proposal yang kami sampaikan tersebut,” pungkas Jajat. (zie)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *