Purwasari Sering Kebanjiran

BANJIR : Salah satu ruas jalan Desa Purwasari diterjang banjir. Penyebabnya adalah buruknya saluran air yang ada di wilayah desa tersebut.

Saluran Air tak Cukup Menampung Debit Air

CIKAMPEK, RAKA – Pemerintah Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari berencana melakukan pengajuan perbaikan saluran air di jalan arteri yang memicu terjadinya banjir.

Kepala Desa Purwasari Jimmy Permana mengatakan, memasuki musim hujan, beberapa titik di wilayah Kabupaten Karawang mengalami banjir, tidak terkecuali di wilayah Desa Purwasari. “Untuk wilayah kita ada dua titik, kedua-duanya merupakan wilayah Perumahan,” ucapnya kepada Radar Karawang, Selasa (5/1).

Ia menambahkan, kondisi sipon atau saluran air tepatnya di samping jalan arteri Purwasari mengalami pendangkalan. Hal itu mengakibatkan curah air hujan yang besar membuat air turun ke lokasi Perumahan Purwasari Permai. “Ini bukan air kiriman, tapi murni dari curah hujan yang tinggi, artinya ukuran sipon ini memang tidak sesuai dengan volume air,” tambahnya.

Ia mengaku, beberapa waktu lalu saja, ketinggian air di perumahan Purwasari Permai mencapai lutut orang dewasa dan merendam dua blok di perumahan tersebut. “Sedikitnya ada dua puluh rumah yang terendam, sampai-sampai aktivitas warga yang terdampak lumpuh,” bebernya.

Ia mengaku, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah melakukan pengajual kepada dinas terkait serta menyampaikan persoalan tersebut kepada Bupati Karawang. Menurutnya, upaya tersebut sudah mendapatkan respon baik. “Karena dinas PUPR sudah mengecek lokasinya, katanya bisa terealisasi dalam waktu dekat ini, mudah-mudahan saja benar,” ujarnya.

Masih dikatakannya, untuk mengatasi solusi tersebut terdapat dua kemungkinan, apabila perbaikan sipon masih terjadi banjir, maka dilakukan pembagian debit air yang diarahkan ke kampung sadang. “Karena kita tidak tahu seberapa besar debit air yang turun, karena hujan tidak bisa kita prediksi, tapi yang pasti kita fokus dulu pada normalisasi sipon, kalau masih banjir berarti kita pecah debit air ke kampung sadang juga,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka