Warga BMI Bangun Tempat Ngungsi Banjir

GOTONG ROYONG : Warga Perumahan Bumi Mutiara Indah 1, Desa Dauwan Tengah, Kecamatan Cikampek, gotong royong membangun aula serbaguna termasuk untuk tempat ngungsi saat banjir.

CIKAMPEK, RAKA – Warga RW 15 Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) 1, Desa Dauwan Tengah, Kecamatan Cikampek, gotong royong membenahi lahan fasilitas umum (fasum) di lingkungan mereka, Rabu (16/9). Di atas lahan fasum tersebut hendak dibangun aula serbaguna secara bertahap dengan swadaya warga setempat.

Ketua RW 15 Ngatino menyampaikan, tidak ada target kapan pembangunan fasum tersebut akan selesai menjadi aula. Sebab sumber dana yang digunakan berasal dari warganya yang sukarela memberi sumbangsih. Terlebih di masa pandemi seperti ini ekonomi warga juga terdampak.
Meski demikian, masih ada sejumlah warga yang memberi sumbangan cukup besar.

Ia menuturkan, pembenahan fasum telah berjalan sejak 2 bulan yang lalu. Sementara waktu target mereka adalah memplester lahan setidaknya agar bisa digunakan untuk kegiatan olahraga.
Tinggi lahan pun dinaikan mengingat lingkungan mereka kerap disambangi banjir tahunan. Dengan demikian jika musibah banjir kembali terjadi lahan fasum tersebut dapat digunakan sebagai pengungsian sementara ataupun dapur umum. “Lantainya saja dulu, keatasnya mah belum terpikir, cuma kita bertahap dan sudah merencanakan,” ucapnya.

Adapun nantinya jika pendirian bangunan aula serbaguna di atas lahan fasum bisa terlaksana, warga dapat memanfaatkannya untuk rapat, pengajian ataupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.
Masyarakat juya bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga seperti bulutangkis, tenis meja maupun futsal untuk anak-anak belia.

Ia menambahkan, pembangunan fasum tersebut tentunya sudah menjadi kesepakatan bersama melalui musyawarah RW.
Warga pun sudah diberitahu dengan surat edaran dan tidak ada paksaan untuk turut bepartisipasi. Namun nampaknya warga lingkungan tersebut memang kompak terbukti dengan semua pekerjaan selama ini oleh warga tanpa menyewa tukang. “Para RT semua turun, harapannya ada donatur biar cepat selesai,” pungkasnya. (din)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *