Akhir 2021 Raih Tiga Penghargaan

KADO AKHIR TAHUN: Sekda Purwakarta Iyus Permana menerima penghargaan dari Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

PURWAKARTA, RAKA – Menjelang penutupan tahun 2021, tiga penghargaan didapat oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Selain Anugrah Inovasi dari Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa Kabupaten Purwakarta menjadi daerah dengan dengan investasi terbaik kelima tingkat nasional, dua penghargaan lainnya yaitu masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Jawa Barat Tahun 2021 melalui inovasi Ceu Ati dan Menurut Komisi Informasi (KI) Jawa Barat, Purwakarta juga masuk kategori Kabupaten Cukup Informatif urutan ketujuh di Jawa Barat.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Iyus Permana didampingi Sekretaris DKUPP Eka Sugriana, menghadiri Acara Awarding Inovasi Kompetisi Inovasi Jawa Barat Tahun 2021, di Harris Hotel and Conventions Festival Citylink Bandung.
Inovasi dari berbagai instansi ini adalah penyaringan dari inovasi yang termasuk dalam Top Khusus Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021. “Kompetisi ini bukanlah tujuan akhir inovasi hanya satu sarana untuk menjaring, mendokumentasikan, dan mempromosikan inovasi,” ujar Iyus.

Kabupaten Purwakarta masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Jawa Barat Tahun 2021 melalui inovasi Ceu Ati, yaitu menerapkan pemahanan metrologi secara masif di masyarakat dengan adanya peran relawan. Terobosan ini untuk melindungi hak konsumen dengan membentuk tim khusus yang bertugas untuk mengecek keakuratan alat ukur takar timbang dan perlengkapan para pedagang.

Inovasi Ceu Ati ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, minimal untuk menekan kecurangan timbangan, tujuan dibentuk pasukan Ceu Ati ini untuk meminimalisasi kecurangan timbangan yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggungjawab. Sehingga, masyarakat yang berbelanja bisa merasa aman serta terlindungi.

Di sisi lain, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Herlina, mengikuti Acara Penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Jawa Barat Tahun 2021 secara virtual. Kabupaten Purwakarta sudah juara dalam Keterbukaan Informasi Publik, ini merupakan suatu tanggung jawab yang nantinya jangan sampai ada institusi atau lembaga yang masih tidak informatif dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Dalam Pengaunegerahan Keterbukaan Informasi Publik Jabar 2021 tersebut beberapa lembaga publik mendapat penghargaan, diantaranya Kabupaten Purwakarta yang masuk dalam Kategori Kabupaten Cukup Informatif di Jawa Barat. (gan/rls)