Alat Peraga Kampanye Bacaleg Dicopot

PURWAKARTA, RAKA– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta bersama Bawaslu, KPU, Polres, Kodim, Sub Den POM dan unsur Muspika di wilayah Purwakarta tertibkan puluhan spanduk milik bakal calon legislatif (bacaleg) dan parpol di sejumlah lokasi, Jumat (7/9).

Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta Ujang Abidin melalalui komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Siti Nurhayati mengatakan, penertiban alat peraga kampanye tersebut berkaitan dengan belum dimulainya masa kampanye. “Penertiban alat peraga ini berkaitan dengan masa kampanye yang belum dimulai. Masa kampanye baru dimulai pada 23 September 2018 mendatang dan pemasangan alat peraga akan diatur oleh ketentuan yang disepakati bersama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Siti Nurhayati.

Menurutnya, sebelum penertiban dilakukan, Bawaslu Kabupaten Purwakarta sudah menghimbau melalui surat edaran yang ditujukan kepada semua partai politik peserta Pemilu 2019. “Karena tidak ada respon dari partai politik, selanjutnya kita layangkan surat rekomendasi kepada Penjabat Bupati Purwakarta untuk dilakukan penertiban APK karena dipasang sebelum masa kampanye yang diteruskan kepada unsur Satpol PP setempat,” kata Siti.

Sementara, Penjabat Kasatpol PP, Wahyu Wibisono mengatakan, sesuai dengan surat dari Bawaslu Purwakarta yang ditujukan kepada Penjabat Bupati Purwakarta, sebelumnya pihaknya telah mengundang pertemuan 2 hari yang lalu dengan Bawaslu, KPU Polres Purwakarta, Kodim 0619 Purwakarta, Sub Den Pom, para Camat untuk melakukan penertiban APK. “Dalam pertemuan tersebut setelah mendapatkan beberapa masukan, maka kami membuat langkah-langkah. Pertama kami membuat surat ditujukan kepada para pimpinan parpol peserta pemilu untuk menyampaikan kepada para calegnya agar tidak memasang sebelum waktu yang ditetapkan KPU Purwakarta,” katanya.

Pihaknya telah memberikan waktu sampai dengan Jumat (7/9) kemarin, untuk pembersihan alat peraga kampanye. “Namun masih ada APK yang terpasang maka dengan kewenangan yang ada kami melaksanakan pembersihan tersebut, nantinya hasil dari pembersihan APK itu akan diserahkan kepada Bawaslu Kabupaten Purwakarta ataupun kepada panwaslu kecamatan masing-masing,” pungkasnya. (gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here