Apel Siaga Jelang Pilkades Serentak di Sukatani

APEL SIAGA: Sebanyak 150 personel disiagakan untuk mengamankan pilkades serentak di Kecamatan Sukatani.

PURWAKARTA, RAKA – Petugas keamanan, aparat pemerintah, serta panitia penyelenggara pilkades serentak di Kecamatan Sukatani menggelar apel siaga menjelang hari pencoblosan. Sejumlah persiapan pengamanan dilakukan aparat gabungan di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta. Salah satunya menggelar apel tiga pilar pengamanan pilkades di Aula Kantor Camatan Sukatani, Rabu (13/10). “Untuk apel gabungan ini melibatkan 150 aparat baik dari polsek, koramil dan Linmas yang nantinya bakal bertugas di tiap-tiap TPS,” ujar Kapolsek Sukatani AKP Asep Saepudin.

Dia mengatakan, di Kecamatan Sukatani ada sekitar 100 TPS yang tersebar di 13 desa yang bakal menggelar pilkades serentak. “Kita berharap pilkades serentak di Sukatani lancar dan kondusif,” kata dia. Asep juga menjelaskan, urusan keamanan bukan hanya tugas aparat gabungan dalam hajatan demokrasi ini. Namun merupakan tanggung jawab seluruh unsur masyarakat untuk mencegah dan meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan keamanan pada proses pilkades.
“Tak hanya kondusifitas kemanan, penerapan protokol kesehatan serta teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19 kita lakukan agar wilayah Purwakarta khususnya Sukatani tidak menjadi klaster baru penyebaran covid,” tandasnya.

Terpisah, Kepala DPMD Purwakarta Jaya Pranolo mengatakan, seluruh calon kades maupun tim suksesnya wajib menjaga situasi kamtibmas menjelang pencoblosan. “Kita ingatkan calon kades agar selalu mengendalikan tim pemenangnya, untuk tidak melanggar aturan dalam pelaksanaan pilkades serentak di saat masa tenang,” ujarnya.
Diingatkannya, bahwa dalam setiap kompetisi pasti ada menang dan kalah. Maka harus bisa legowo dan bisa menerima hasil pilkades menang atau kalah.
Di Kecamatan Sukatani, pelaksanaan apel siaga dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan. (gan)