Batasi Sinetron untuk Peserta Didik

Purwanto

PURWAKARTA, RAKA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta ajak semua unsur masyarakat khususnya orang tua siswa untuk membantu program pemerintah di sektor pendidikan guna mewujdukan pendidikan berkarakter. Salah satunya dengan membatasi peserta didik dari menonton tayangan televisi yang kurang bermanfaat terhadap pendidikan anak.
“Pendidikan karakter yang digelorakan dan diterapkan oleh pemerintah tidak bisa berjalan tanpa dukungan keluarga dan masyarakat,” kata Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto.

Purwanto juga menyebut, dukungan masyarakat bisa dari berbagai kalangan termasuk media dan industri perfilman. Ranah pembentukan mental bangsa dan pembangunan karakter adalah ranah bersama. “Masyarakat penting menciptakan lingkungan yang positif melalui berbagai penginderaan termasuk tontonan yang mendidik bagi anak-anak,” katanya.
Pria yang akrab disapa Kang Ipung itu menjelaskan, Sinetron menjadi media perfilman yang sangat dekat dengan masyarakat khususnya orang tua.

Mengingat, citra yang digambarkan dalam tayangan sinetron seolah-olah sama dengan kehidupan nyata. Sementara faktanya, sinetron lebih mengandung banyak hal yang kurang baik dicerna oleh panca indera anak-anak. “Dari berbagai jendela dan pintu segala fenomena kita wajib memberikan citra dan nilai-nilai positif bagi anak-anak kita. Terlebih dalam situasi sekarang,” ujarnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, anak-anak lebih banyak di rumah. Belajar di rumah, dan beraktivitas di rumah. Tentu, orang tua mengambil peran lebih besar dalam hal mendidik anak secara langsung. “Mari kita lindungi anak-anak kita, generasi emas penerus kemajuan bangsa,” pungkas Purwanto. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *