Bupati se-Jabar Kopdar di Jatiluhur

PEJABAT KOPDAR: Para kepala daerah di Jawa Barat, sesaat setelah Kopdar di Jatiluhur.

PURWAKARTA, RAKA – Para bupati dan walikota se-Jawa Barat dikumpulkan Gubernur Ridwan Kamil di Istora Jatiluhur, Kamis (13/2). Para kepala daerah itu dikumpukakan untuk mengikuti kegiatan koordinasi penyelenggaraan pemerintah daerah alias kopdar.

Kegiatan ini merupakan kali kelima di era kepemimpinan Ridwan Kamil di Jabar. Emil begitu disapa menjelaskan, ada dua agenda dalam kopdar ini, yakni memberikan pemahaman masalah pendampingan dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk para kepala daerah yang sebelumnya polanya TP4D (tim pengawal dan pengaman pemerintah dan pembangunan daerah). “TP4D sudah diberhentikan oleh pemerintah dan kami ingin buat yang sama dengan pola baru. Nantinya para kepala daerah ini mendefinisikan proyek-proyek strategis yang bakal dikawal oleh kejaksaan dan kami pun gak akan ragu membelanjakan anggaran serta tak khawatir jika ada hal-hal yang kurang baik secara hukum,” ujar Emil kepada sejumlah awak media di Jatiluhur.

Agenda lainnya dalam Kopdar ini, Emil mengatakan, ialah mendengarkan aspirasi dari para bupati/wali kota untuk program 2021. Sedangkan di 2020 provinsi memberikan bantuan kepada 27 daerah di Jabar sebanyak Rp7 triliun. “Hari ini dari hasil rekap semua total Rp10 triliun untuk bantuan di 2021. Ini semua yang diajukan merupakan skala prioritas,” ujarnya.

Adapun banyaknya permohonan bantuan untuk di 2021, kata Emil, mayoritas lebih pada pembuatan jalan yang hampir 60 persen. Selanjutnya ada masalah kesehatan yakni pembangunan rumah sakit umum daerah. “Jadi, kalau ada 27 daerah dikali 5 permohonan ya totalnya ada 135 permohonan, yang salahsatunya memang ada akses tol Purwakarta,” pungkasnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *