Diskominfo Purwakarta Roadshow ke Kantor Perusahaan Media

VISIT MEDIA: Kunjungan perwakilan Dinas Kominfo Purwakarta ke kantor redaksi Radar Karawang.

PURWAKARTA, RAKA – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta melakukan kunjungan ke sejumlah perusahaan media di Jawa Barat yang telah menjalin kerjasama publikasi dengan dinas tersebut. “Kunjungan kantor redaksi media dilakukan ke semua media yang menjalin kerja sama dengan Pemkab Purwakarta melalui Diskominfo,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Purwakarta Deni Dermawan, Jumat (13/3).

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu kewajiban Diskominfo Purwakarta dengan tujuan mengecek kelengkapan administrasi, alamat dan kantor media terkait. “Ini juga dilakukan dalam rangka persiapan kerja sama di tahun 2020 ini,” tambahnya.

Deni mengatakan, Diskominfo ingin memastikan keberadaan dan domisili media bersangkutan. Pasalnya, fenomena yang terjadi saat ini, perkembangan media di Purwakarta cukup lumayan pesat. “Sudah ada sekitar 26 media asal Purwakarta yang mengajukan kerja sama dengan Diskominfo di tahun 2020 ini. Dengan visitasi ini kita sekaligus memastikan domisili perusahaan media tersebut,” tuturnya.

Pihaknya juga harus memastikan jika media-media asal Purwakarta ini bergerak sesuai dengan peraturan yang ada. Agar ke depan Pemkab Purwakarta tidak salah melakukan hubungan kerja. Selain dokumen administrasi, alamat dan kantor lengkap, Diskominfo juga menanyakan kisaran harga kerja sama yang ditwarakan media terkait. “Ini menjadi petimbangan kami ke depan. Dan kami ingin mengetahui apakah ada kenaikan atau penurunan harga. Karena tidak menutup kemungkinan saat ini banyak perusahaan media yang menaikturunkan harga iklan,” beber Deni.

Di sisi lain, media yang berdomisili di luar Purwakarta, yang masuk ke Diskominfo saat ini berjumlah 132 media baik cetak maupun elektronik. “Kami menargetkan semua visitasi selesai secepatnya. Intinya, ini dilakukan untuk memastikan semuanya sesuai dengan peraturan yang ada,” pungkasnya.

General Manager Radar Karawang A Taufiq Hidayat mengapresiasi kunjungan jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Purwakarta. Dikatakannya, jalinan kerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Purwakarta sudah berlangsung cukup lama. “Catatan yang kami punya, kerjasama sosialisasi pembangunan dengan Pemkab Purwakarta sudah berlangsung cukup lama. Sejak tahun 2005. Dulu masih di bawah Bidang Humas Setda. Sekarang di bawah Dinas Kominfo,” ujarnya.

Dikatakannya, kerja sama dengan instansi pemerintah, bukan berarti meredam sura kritis media. “Justru media bisa lebih leluasa membuka persoalan-persoalan yang terjadi seputar pembangunan atau roda pemerintahan, karena komunikasi terjalin dengan baik. Sehingga kritikan bisa lebih konstruktif dan terarah,” ujarnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *