Distribusi BLT Dana Desa Langsung ke Rumah Warga

PURWAKARTA, RAKA – Pemerintah Desa Cibodas Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta telah meyalurkan bantuan langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat penerima manfaat.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa (DD) itu, dilakukan oleh Pemdes Cibodas dengan cara door to door penerima bantuan.

Kepala Desa Cibodas Cep Supriatna mengatakan, penyaluran BLT kepada warga itu merupakan hasil terverifikasi dalam validasi dan finalisasi musyawarah desa khusus (Musdesus) tentang penetapan data keluarga miskin penerima.

“Ada sebanyak 246 KK yang tercover oleh BLT dana desa sementara sisanya merupakan masyarakat penerima PKH dan penerima BPNT, dan bantuan program pemerintah lainya bagi warga yang dampak covid -19,” ujar Kades melalui Sekretaris Desa Endan Rosidin.

Sekdes Endan mengatakan, BLT dana desa ini beda dengan bantuan lain yang disalurkan pemerintah.

Disinggung soal adanya kabar warga di media sosial yang hanya mendapat Rp100 ribu, Endan menegaskan itu merupakan bantuan tambahan inisiatif penerima bantuan secara sukarela yang kemudian dikumpulkan melalui RT dan RW. Pasalnya, warga tersebut sebelumnya telah terdaftar di PKH.

‚ÄúSebab aturanya penerima BLT dana desa, tidak boleh rangkap atau dobel dengan bantuan lain,” katanya.

Dirinya mengatakan, dalam proses penyaluran BLT desa ke masyarakat dilakukan oleh tim relawan dengan tetap mamatuhi protokol covid-19, transparan dan melibatkan unsur intansi terkait agar berjalan dengan baik.

“Kami dari pemerintah desa mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah baik Kabupaten, Provinsi dan Pusat yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid 19 ini,” katanya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Radar Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *