RADAR PURWAKARTA

Dorong UMKM Purwakarta Lebih Berdaya Saing

PURWAKARTA, RAKA – Berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) unggulan yang berada di 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta di dorong untuk menjadi UMKM yang naik kelas. Upaya tersebut salah satunya diwujudkan dalam sebuah agenda bertajuk Festival UMKM Naik Kelas yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dalam rangka memeriahkan hari jadi Purwakarta ke-193 dan Kabupaten Purwakarta ke-56 di Taman Pasanggrahan Padjajaran.
Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Purwakarta, Dani Abdurahman menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah mendorong UMKM di Kabupaten Purwakarta untuk naik ke tingkatan yang lebih tinggi. Maka dari itu, salah satu upaya yang dilakukannya yakni dengan mengadakan kegiatan Fetival UMKM Naik Kelas. “Di Purwakarta itu ada 17 Kecamatan, mereka memiliki makanan ciri khas masing-masing, seperti olahan buah manggis hingga keripik simping. Jadi semua masyarakat bisa menikmatinya disini,” ucapnya, Minggu (7/7).
Ia menuturkan, selain produk UMKM unggulan di tiap kecamatan. Dalam agenda tersebut juga terdapat berbagai booth dari sejumlah dinas yang ada di Purwakarta. “Di festival pameran ini, banyak juga booth dari berbagai dinas yang ada di Purwakarta, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturkan.
Dani juga menjelaskan, dalam agenda tersebut juga diramaikan dengan adanya berbagai perlombaan. Adapun diantaranya yakni mulai dari perlombaan melukis keramik, lomba kostum dan fashion show anak-anak. Serta, festival tersebut juga nantinya akan dimeriahkan dengan penampilan live musik. “Kita ingin berikan ruang terhadap para pelaku UMKM di Purwakarta, agar UMKM di Purwakarta ini bisa terus naik kelasnya,” ujarnya.
Sementara itu, salah satu pedagang UMKM, Putri (38) mengaku bahwa dirinya merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab, dalam kegiatan tersebut dirinya dapat meraup untung hingga dua kali lipat dari biasanya. “Alhamdulillah cukup terbantu. Soalnya orang-orang banyak kumpul disini, jadi banyak yang jajan. Penghasilan juga meningkat,” pungkasnya. (yat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights