DPT Ditinjau Ulang

PURWAKARTA, RAKA– Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana menegaskan, sejak penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 untuk Kabupaten Purwakarta pada 21 Agustus 2018 lalu, pihaknya belum menerima aduan atau laporan terkait adanya temuan daftar pemilih ganda dari Bawaslu Purwakarta.

Hal tersebut di katakan Ramlan, menanggapi munculnya dugaan keberadaan pemilih ganda pada DPT Pemilu 2019 yang dikemukakan oleh Bawaslu RI belum lama ini, “Belum ada informasi dari Bawaslu terkait adanya temuan data pemilih ganda dalam DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Purwakarta,” ujarnya, Jumat (7/9).

Menurut Ramlan, dengan data berbasis aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). KPU Purwakarta menjamin keakuratan DPT untuk Pemilu 2019. “Segala upaya maksimal sudah kita upayakan, DPT Pemilu 2019 merupakan DPT Pilkada 2018 yang dimutakhirkan, jadi tingkat akurasinya, optimis akurat,” kata Ramlan.

Menurutnya, mekanisme pemutakhiran data pemilih diatur melalui PKPU 11 Tahun 2018 dan pengawasannya diatur oleh Perbawaslu 24 Tahun 2018 Tentang Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih. “Telah diketahui bersama, pada 192 desa dan kelurahan di 17 kecamatan, terdapat 2.619 TPS. Total DPT Pemilu 2019 sebanyak 666.972 pemilih yang terdiri dari 335.015 pemilih laki-laki dan 331.957 pemilih perempuan,” ujar Ramlan.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este mengatakan, merespon edaran Bawaslu RI, dalam dua hari ini, Bawaslu Kabupaten Purwakarta telah melakukan penyisiran ulang kemungkinan adanya data pemilih bermasalah. “Sejauh ini, belum diperoleh persoalan berkaitan dengan hal di atas. Baik itu menyangkut kegandaan nama pemilih maupun munculnya pemilih dari luar daerah,” kata Oyang.

Menurutnya, bersamaan dengan adanya rekomendasi Bawaslu RI ke KPU RI. Penyisiran dilakukan untuk penyempurnaan DPT Pemilu 2019 di tingkat nasional. “Hasil penyisiran ini nantinya akan dikirimkan ke Bawaslu RI, melalui Bawaslu Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Untuk diketahui, belum lama ini KPU telah melakukan pleno penetapan DPT Pemilu 2019 di tingkat Nasional. Namun, faktanya masih ditemukan calon pemilih bermasalah. Bawaslu RI akhirnya merekomendasikan untuk dilakukan penyempurnaan DPT hingga 15 September 2018 mendatang. (gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here