RADAR PURWAKARTA

Dua Pemilih di Darangdan Berusia 100 Tahun Lebih

PURWAKARTA, RAKA – Gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang akan di selenggarakan dalam beberapa waktu mendatang, sering kali tak lepas dari adanya berbagai hal yang menarik. Selain diwarnai oleh dinamika dan pergesekan antar calon kepala daerah, ternyata, dalam gelaran Pilkada 2024, terdapat suatu hal menarik lainnya. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Darangdan Purwakarta misalnya. Pasalnya, petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) wilayah setempat yang melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit), telah menemukan adanya pemilih berusia lebih dari 100 tahun.
Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM PPK Darangdan, Adi Setiawan mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Colkit di wiliayahnya, telah ditemukan adanya data pemilih yang berusia lebih dari 100 tahun sebanyak dua orang. Pemilih tersebut bernama Engkos Rasmita warga Kampung Sirnamanah RT01 RW01 Desa Sirnamanah, dan Erat warga Kampung Gandaria RT16 RW08 Desa Narak. “Abah Engkos usianya diperkirakan 101 tahun akan memilih di TPS 01. Sementara emak Erat berusia 108 tahun tercatat di TPS 10,” ucapnya, Senin (8/7).
Ia menyampaikan, kedua lansia tersebut saat ini masih memiliki kondisi fisik yang prima, sehingga kemungkinan besarnya yang bersangkutan masih dapat mendatangi TPS untuk melakukan pemilihan nantinya. “Pak Engkos masih sehat, sehari-hari aktifitasnya berkebung. Kalau mak Erat saat ini memiliki sedikit gangguan dalam pendengaran dan harus di papah saat berjalan,” ujarnya.
Adi mengungkapkan, adapun nantinya dalam pelaksanaan Pilkada 2024 terdapat para pemilih dengan kondisi usia lanjut serta tidak dapat mendatangi TPS karena keterbatasan kondisi kesehatan tubuh yang dialaminya. Para petugas penyelenggara akan senantiasa membantu pemilih lansia dalam menggunakan hak pilihnya. “Nanti pasti akan dibantu sama petugas KPPS. Kalau tidak memungkinkan datang ke TPS biasanya akan jemput bola,” ungkapnya.
Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Colklit, pihaknya menerjunkan 197 Pantarlih. Ratusan Pantarlih tersebut, tersebar di 100 TPS yang berada di 15 desa di wilayah Kecamatan Darangdan. “Berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4, mereka akan coklit sebanyak 52.937 pemilih. Hari ini progresnya sudah 87 persen atau 46.184 orang yang sudah tercoklit,” jelasnya.
Adi menambahkan bahwa pihaknya saat ini terus berkoodinasi dengan PPS termasuk Pantarlih dalam pelaksanaan Coklit agar jika terdapat suatu kendala dapat segera ditangani dengan cepat. “Kami juga di PPK terus memantau perkembangan di lapangan agar ketepatan dan keakuratan coklit diutamakan,” pungkasnya. (yat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Verified by MonsterInsights