Harga Cabe Rawit Makin Pedas

TRANSAKSI : Penjual sayuran di Pasar Tradisional Purwakarta tengah melakukan transaksi.

PURWAKARTA, RAKA – Sudah satu pekan terakhir, harga cabai rawit merah di sejumlah pasar trandisional di Kabupaten Purwakarta alami kenaikan cukup signifikan. Salah satunya di Pasar Citeko, Kecamatan Plered.

Menurut salah seorang pedagang sayuran di pasar tersebut, Mela Nurliani (37), kenaikan cabai rawit merah ini terjadi sejak minggu terakhir.
Kenaikannya pun cukup tinggi dari semula harga normal Rp30.000 atau Rp40.000 per kilogram. “Sekarang saya menjual cabai rawit merah mulai 130.000 hingga Rp140.000 per kilogram,” ujarnya, Rabu (3/3).

Tak hanya cabai rawit merah, kenaikan juga terjadi pada bawang merah, kini harganya Rp35.000 hingga Rp40.000 naik dari harga sebelumnya Rp20.000 per kilogram. “Kenaikan bawang merah juga sama sejak satu minggu terakhir. Kalau komoditi lain tergolong normal,” kata Mela.

Disinggung alasan kenaikan ini terjadi, ia mengaku tidak mengetahui pasti, karena hingga saat ini pasokan cukup stabil. “Kurang tahu juga sih, tapi kalau cabai rawit merah kemungkinan banyak membusuk dari pohon dampak intensitas hujan tinggi,” ujar Mela.

Disinggung soal Komoditi lain apakah mengalami kenaikan Mela didampingi pendagang lain mengaku tidak terlalu signifikan seperti Cabe Rawit merah. “Ada juga yang turun seperti Jengkol dari 35 ribu perkg sekarang 15 ribu per kilogramnya,” ujarnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka