Jumlah Guru PNS Kurang

PURWAKARTA, RAKA – Jumlah Aparat Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Purwakarta kurang. Kekurangan tersebut menyebabkan di sejumlah jabatan-jabatan teknis mengalami kekosongan dan tidak bisa diisi oleh tenaga harian lepas (THL). Hal tesebut diakui Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. “Jumlahnya relatit sih, tapi yang paling banyak itu adalah tenaga pendidik atau guru,” ujar Anne

Dirinya mengatakan, pendidik atau guru berstatus PNS memang kurang, namun tidak mengganggu proses pembelajaran di sekolah karena dibantu tenaga honorer. “Tapi PNS-nya banyak kekosongan,” kata dia. Kekosongan itupun menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Purwakarta yang harus segera ditangani agar tidak berkelanjutan. “Yah tentu itu menjadi pekerjaan rumah bagi kita,” ucap Anne.

Seperti diketahui, pemerintah membuka CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk mengisi kekosongan tersebut. Adapun jumlah kuota CPNS di Purwakarta pada 2021 sebanyak 393, meliputi tenaga kesehatan 279 orang dan tenaga teknis 114 orang dan PPPK 49 orang dikhususkan tenaga pendidik atau guru. (gan)