Kompas Kenalkan Keindahan Kampung Madang

MEMANJAKAN DIRI: Seorang wisatawan sedang memanjakan diri di area wisata Kampung Madang.

PURWAKARTA, RAKA – Jika biasanya komunitas pecinta alam hanya berkegiatan di alam liar, atau sesekali kampanye pentingnya menjaga alam. Lain lagi dengan Komunitas Pecinta Alam Sukasari (Kompas), mereka sedang gencar mempromosikan keindahan alam Kampung Madang, Kecamatan Sukasari.

Pembina Kompas Mochamad Aripin mengatakan, ada beberapa lokasi wisata alam di Kecamatan Sukasari. Diantaranya Curug Cimata Indung di Kampung Cisaat, Curug Mahrom di Desa Kertamanah, Curug Tujuh Cibodas di Desa Parungbanteng. “Selain curug dan pegunungan, ada juga beberapa lokasi yang sering dijadikan lokasi kemping. Seperti paling baru yakni Kampung Madang, Desa Kertamanah. Pokoknya, di wilayah kami banyak terdapat potensi pariwisata yang bisa dikembangkan,” katanya kepada Radar Karawang.

Pria yang akrab disapa Kang Ipin itu mengatakan, pihaknya terus lakukan promosi pariwisata yang ada di Kecamatan Sukasari dengan berbagai cara. “Kecamatan Sukasari yang merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Purwakarta yang memiliki keindahan tersendiri. Gunung-gunung yang menjulang tinggi serta panorama alam yang masih asri di wilayah ini, bisa dikembangankan menjadi destinasi wisata baru,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan guna mendongkrak kunjungan wisatawan lokal ke destinasi wisata Kecamatan Sukasari. “Pada masa-masa seperti ini kami tetap melakukan promosi. Seperti membuat gebrakan dengan menonjolkan tempat wisata baru,” ungkapnya.

Ketua Karang Taruna Kampung Madang Rojak mengatakan, Kampung Madang menyuguhkan pemandangan yang asri dengan hamparan pegunungan yang indah dan danau Jatiluhur. “Hembusan angin terasa sejuk dan menenangkan, menambah kenyamanan selama berada di Kampung Madang. Kuliner yang jadi andalan di wilayah ini iyalah nasi liwet, ikan bakar khas Sukasari, dan bakakak ayam,” ungkap Rojak.

Selain wisata kuliner, ia menambahkan, di Kampung Madang ini bakal menjadi wisata perkemahan yang menarik dengan menyajikan keindahan alam. “Kampung Madang ini didorong menjadi tempat wisata baru di Kecamatan Sukasari, dengan menyiapkan fasilitas penunjang yang mampu menarik pengunjung untuk berwisata secara nyaman dan aman,” pungkasnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka