Lansia jadi Prioritas Vaksinasi

VAKSINASI MASSAL: Pelaksanaan vaksinasi massal digelar di dua lokasi berbeda. Titik pertama dilakukan di kantor Polres Purwakarta, titik berikutnya di Mako Polair Polres Purwakarta di Dermaga Jatiluhur. Vaksinasi juga menyasar kalangan lansia.

PURWAKARTA, RAKA – Kaum lanjut usia alias lansia, menjadi prioritas vaksinasi massal yang digelar pihak kepolisian Polres Purwakarta.Kegiatan vaksinasi massal digelar di dua titik yakni di Mapolres Purwakarta dan Mako Satpolair Polres Purwakarta di Darmaga Jatiluhur. “Untuk mempercepat proses vaksinasi ini kami terus berinovasi dalam memberikan layanan vaksinasi dosis I dan II. Ternyata dengan cara seperti ini, berhasil menarik minat warga,” ujar Kapolres Purwakarta AKBP Suhardi Hery Haryanto di Mapolres Purwakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari akselerasi percepatan vaksinasi sebagai salah satu strategi pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. “Adapun target dari kegiatan ini melakukan vaksinasi dosis I dan II untuk 600 warga dari seluruh kalangan. Sementara untuk vaksinasi lansia, kita targetkan bisa mencapai 40 persen di bulan November ini,” jelasnya.

Hery mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling efektif memutus mata rantai penyebaran Covid-19, karena tujuan utama dari program pemerintah tersebut untukmempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity. “Maka dari itu vaksinasi massal ini untuk mempermudah masyarakat Purwakarta mendapatkan layanan vaksinasi,” ujarnya.

Seperti beberapa daerah bahkan sejumlah negara, berhasil menekan penyebaran virus mematikan ini dan mengembalikan aktivitas warga serta perekonomian kembali normal dengan melakukan vaksinasi secara massal sesuai sasaran yang telah ditentukan.
Tak hanya itu, Hery juga terus mengingatkan, protokol kesehatan penting dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di tengah masyarakat. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan hingga menjauhi kerumunan.
“Jangan abai dengan protokol kesehatan walau sudah mengikuti vaksinasi. Kita apresiasi terhadap masyarakat yang sudah berkeinginan mengikuti jalannya vaksinasi dan menyukseskan program vaksinasi nasional,” pungkasnya. (gan/ath)