Lokasi Pembuangan Sampah Disulap jadi Tempat Belajar

DISULAP: Lokasi pembuangan sampah di bibir Sungai Cinangka, Desa Gandasoli, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, kini diubah menjadi tempat belajar. Sebelumnya lokasi tersebut sering digunakan warga sebagai tempat membuang sampah.

PURWAKARTA, RAKA – Jika punya kemauan, apapun bisa dilakukan. Termasuk mengubah tempat yang bau menjadi tempat yang bermanfaat. Contohnya, lokasi pembuangan sampah di Desa Gandasoli, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, bisa diubah menjadi tempat belajar. Manfaatnya pun dirasakan oleh masyarakat. Alihfungsi tempat pembuangan sampah tersebut diinisiasi oleh Satuan Tugas Citarum Harum bersama warga setempat.

Selain menjadi tempat belajar, lokasi yang sebelumnya kotor tersebut menjadi rapih. Komandan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 13 Kolonel Inf Dwi Sunyata mengatakan, pembenahan tempat tersebut diawali dengan mendirikan saung atau POS yang kini menjadi lokasi bermanfaat.
“Kalau malam jadi tempat pos kamling, dan siang digunakan anak sekolah mengerjakan tugas dalam jaringan (daring),” ujar Dwi Sunyata, Selasa (21/9).

Dia menjelaskan, inisiatif dibangunnya saung yang berada di bibir Sungai Cinangka itu berawal dari masih banyaknya warga yang membuang sampah rumah tangga di lokasi tersebut.
“Sehingga kita bangun tempat itu. Dan kini tidak ada lagi yang buang sampah. Sekarang sungai bersih. Lokasi ini sekarang jadi tempat sarana belajar siswa dan lokasi beristirahat,” ujarnya.

Saat ini anggota satgas bersama warga tengah melakukan pembenahan lokasi bibir sungai. “Kedepan lokasi yang dulunya kumuh dan bau kita bersihkan dan benahi agar menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat,” imbuhnya.
Dia berharap, bukan hanya Satgas Citarum Harum saja yang merawat sungai, namun semua pihak wajib terlibat. Agar aliran Sungai Citarum dari hulu ke hilir bisa kembali bersih. “Dan tentunya kita berharap masyarakat bisa menjaga sungai karena jika bukan kita siapa lagi,” tukasnya. (gan)