Mantan Dewan dan Mantan Pejabat Ngaji Bersama

NGAJI DAN SILATURAHMI: Lepas dari tugas bukan berarti silaturahmi terhenti. Momen bulan Ramadan dimanfaatkan oleh para mantan anggota dewan dan pensiunan PNS untuk bersilaturahmi, sekaligus menggelar pengajian bersama. Tampak para peserta pengajian Ramadan menyimak tausiyah yang disampaikan oleh pemateri.

PURWAKARTA, RAKA – Para mantan anggota DPRD bersama para pensiunan pegawai negeri sipil di Purwakarta memanfaatkan bulan Ramadan untuk mempererat silaturahmi, sekaligus menggelar pengajian bersama.
Para mantan pejabat eksekutif dan legislatif ini tergabung dalam Forum Silaturahmi Purnabakti (Fosil Purba) DPRD Purwakarta dan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI). Kegiatan yang dilaksanakan saban Jumat sepanjang Ramadan ini digelar usai melaksanakan salat subuh berjamaah, mulai pukul 05.00 sampai dengan jam 06.30 WIB.

Selain para anggota Fosil Purba DPRD Purwakarta dan PWRI Purwakarta, ada juga dari kalangan masyarakat umum. Karena pengajian ini bisa diikuti masyarakat umum secara gratis.

Ketua Fosil Purba DPRD Purwakarta Dr H Agus Muharam MPd mengatakan, pengajian Ramadan bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah secara berjamaah. Meski namanya pengajian Ramadan, namun kegiatannya tak hanya tadarus atau membaca Alquran, tapi juga ada tausiyah dan diskusi keagamaan lengkap dengan narasumber dan moderatornya. “Kami para purnabakti DPRD maupun ASN ingin memaksimalkan ibadah di bulan mulia ini dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah, kami sepakat untuk menggelar pengajian Ramadan ini,” katanya saat dihubungi, Minggu (18/4).

Agus menyebutkan, para peserta pengajian Ramadan ini akan mendapatkan sertifikat, mengingat materi dan pematerinya sama-sama berkualitas. “Kami juga membuka secara luas bagi warga yang ingin mengikuti pengajian ini. Tinggal datang saja ke Kampus Yasri Jl Veteran, Gg Soka I, Belakang Pool Damri,” ujarnya.
Agus juga mengingatkan seluruh peserta pengajian Ramadan wajib mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan. “Kami menyediakan fasilitas mencuci tangan plus sabunnya, masker gratis dan selalu mengingatkan untuk menjaga jarak,” jelasnya.

Terpisah, Ketua PWRI Purwakarta Drs H Aep Rusjaman MSi menegaskan, pengajian Ramadan ini merupakan wujud dari semangat silaturahmi para pensiunan. “Alhamdulillah, kami masih diberikan berkah iman, berkah sehat dan berkah untuk bersilaturahmi,” ujarnya.

Adapun pada Jumat pertama Ramadan 1442 H, pengajian Ramadan menghadirkan pemateri Drs H Abdul Majid yang menyampaikan materi bertemakan ‘Lansia Tangguh Dimensi Spiritual’. Di mana peran agama bagi para lansia di antaranya dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan batiniyah.
“Selain itu dapat meningkatkan kepasrahan, tawakal dan kesabaran. Kemudian, dapat memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, sesama manusia dan alam semesta,” ucapnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka