Minim Stok Darah Plasma Konvalesen

DONOR PLASMA: Pendonor plasma konvalesen di kantor PMI Purwakarta.

PURWAKARTA, RAKA – Memiliki alat khusus khusus pendonor, tidak berarti banyak yang mau donor darah plasma konvalensen.
Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Purwakarta saat ini hanya memiliki dua labu darah plasma konvalesen golongan darah A. Minimnya stok darah plasma konvalesen karena pendonor yang baru sembuh dari Covid-19 cenderung sedikit.

Padahal Purwakarta sudah punya alat khusus khusus untuk donor darah plasma konvalensen. “Stok ada, tapi sedikit. Hanya dua labu golongan darah A saja,” ujar Kepala Unit Donor Darah PMI Cabang Purwakarta dr Fatah Hidayat.
Untungnya, kata dia, permintaan darah plasma konvalesen tidak terlalu tinggi seperti bulan-bulan sebelumnya. Karena kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta melandai.

Dia mengaku, minimnya pendonor plasma konvalesen karena calon pendonor merasa takut karena baru sembuh dari Covid-19. Apalagi bagi seseorang yang telah dirawat di rumah sakit karena bergejala berat. “Alasannya mungkin beragam, salah satunya karena takut,” tambahnya.

Untuk menambah stok ketersediaan plasma konvalesen, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan memberikan informasi ke rumah sakit jika ada yang berniat mendonorkan darah datang ke kantor PMI. “Kita informasikan ke rumah sakit jika kita juga sudah memiliki alat untuk mendonor plasma konvalesen,” katanya. Dia juga menyebut stok darah biasa cukup banyak. Ada 400 labu. Mampu memenuhi permintaan rumah sakit di Purwakarta. “Kalau aman tidak, tapi bisa memenuhi permintan rumah sakit di Purwakarta,” pungkasnya. (gan)