Nagri Kaler Inovatif, Tapi Terbentur Dana

INOVATIF: Petugas Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta, memasangi stiker rumah warga yang sudah divaksin Covid-19. Pemasangan stiker tersebut dilakukan untuk memudahkan pendataan warga yang sudah dan belum divaksin. Untuk membuat stiker, pihak kelurahan melibatkan RT dan RW.

Rumah Warga yang Sudah Divaksin Dipasangi Striker

PURWAKARTA, RAKA – Berbagai cara dilakukan aparat pemerintah di tingkat bawah untuk meningkatkan jumlah warga yang divaksin Covid-19. Di Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta, aparat kelurahan menempeli rumah warga yang sudah divaksin dengan stiker.

Pihak kelurahan menilai, stikerisasi rumah warga dilakukan mengingat wilayah tersebut sangat rentan terpapar Covid-19. Penempelan stiker juga, sebagai salah satu upaya untuk melakukan pendataan warga yang telah divaksin.
Lurah Nagri Kaler Dede Iskandar mengatakan, jumlah rukun tetangga di daerah yang dipimpinnya ada 96. Sedangkan jumlah rukun warga di wilayahnya ada 12. Saat ini, yang sudah berjalan pemasangan stikernya baru di 20 RT. “Kita ini sedang gencar melaksanakan vaksinasi. Bahkan, pada pekan kemarin sempat tembus rekor sampau 1.000 dosis,” ujarnya.

Diakuinya, saat ini animo masyarakat akan vaksinasi Covid-19 cukup tinggi. Sehingga pihaknya berupaya untuk melakukan pendataan agar kedepan punya data riil jumlah warga yang telah divaksinasi.
Dengan adanya stikerisasi rumah ini, diharapkan bisa menghitung jumlah warga yang sudah divaksin ataupun yang belum. Meski begitu lanjut Dede, pemasangan stiker ini terbentur anggaran. Lantaran untuk pembuatan stiker dilakukan dengan cara swadaya dari masing-masing RT dan RW.

Sehingga pemasangan stiker sudah vaksinasi ini baru berjalan di 20 RT. Sisanya, RT yang lain belum bisa melakukan hal serupa. Lantaran tidak adanya biaya. “Biayanya memang swadaya. Karena kami di kelurahan tidak ada anggaran khusus untuk kegiatan seperti ini,” ujarnya. Meski demikian, lanjut Dede, kegiatan pemasangan stiker ini akan diikuti oleh seluruh lingkungan RT dan RW. Mengingat, kegiatan ini dinilai cukup positif. (gan)