Pejabat Kemendagari Pantau Pilkades di Purwakarta

PANTAU PILKADES: Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo memantau pelaksanaan pilkades.

PURWAKARTA, RAKA – Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Purwakarta benar-benar menjadi sorotan.
Untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara pilkades serentak di wilayah Kabupaten Purwakarta berjalan lancar, serta menerapkan protokol kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo, memantau langsung pelaksanaan pilkades di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Purwakarta, Sabtu (16/10) lalu.
“Dari pengamatan kita melalui laporan, berikut instrumen yang sudah disiapkan oleh Pemkab Purwakarta, bahwa sudah ada kesesuaian dan konsistensi antara laporan dengan di lapangan,” kata Yusharto saat memantau pemungutan suara Pilkades di Desa Bungursari, Kecamatan Bungursari.

Menurutnya, pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta sudah sesuai dengan Permendagri 72 Tahun 2020, dimana penerapan protokol kesehatan Covid-19 sudah diterapkan dengan baik. “Berdasarkan pantauan tadi, pelaksanaan pilkades serentak di Purwakarta sudah dilaksanakan dengan baik oleh Bupati Purwakarta dan seluruh jajaran yang dibantu oleh TNI-Polri dan kejaksaan serta DPRD Kabupaten Purwakarta yang sudah menghasilkan berbagai kebijakan yang sesuai dengan penegakan prokes Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya mengapresiasi seluruh jajaran Pemkab Purwakarta yang sudah bekerja dengan baik, sehingga pilkades di tengah pandemi Covid-19 ini berlangsung tertib dan aman dengan menerapkan protokol kesehatan.
“Kita berharap kepada kepala desa yang terpilih nanti akan menjadi tulang punggung bagi Bupati Purwakarta dalam mencapai visi misi di Kabupaten Purwakarta. Dengan demikian akan ada penyegaran, akan ada suksesi dari pelaksanaan pilkades ini. Sehingga menghasilkan para kepala desa yang semakin berkualitas,” ucap Yusharto.

Sebagai unsur pelaksana Kementerian Dalam Negeri di bidang pembinaan pemerintahan desa. Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika berharap, pelaksanaan pilkades berjalan dengan baik dan aman sampai hasil pemilihannya. Diseebutkannya bahwa nantinya proses pengamanan surat suara akan dikawal oleh tim pengamanan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas. (gan)