Pelajar Purwakarta Peduli Lombok

PURWAKARTA, RAKA- Bencana gempa Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) turut menjadi perhatian pelajar Purwakarta. Penggalangan dana sejak jauh-jauh hari dilakukan di tiap SD dan SMP se-Kabupaten Purwakarta. Puncaknya, hasil penggalangan dana tersebut akan disalurkan lewat salah satu yayasan.

Pantauan di lapangan, dana bantuan kolektif tersrbut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta, H. Purwanto beserta jajarannya.

Purwanto menuturkan, bahwa bantuan untuk masyarakat Lombok berasal dari hasil gotong-royong pelajar SD, SMP, staf dan pejabat Disdik Purwakarta. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit, sebab para pelajar di Purwakarta sudah dibiasakan dengan prinsip pengajaran Kemis Welas Asih. “Rasa empati pelajar terbangun dari pengajaran Kemis Welas Asih. Pelajar sudah terbiasa ditanamkan sifat empati, kepedulian, bergotong royong. Biasanya di hari itu kami di Purwakarta bersedekah satu cangkir beras per siswa lalu dikumpulkan di Setiap kelas kemudian di serahkan kepada teman-teman atau warga sekitar yang membutuhkan,” terangnya.

Dia menambahkan, dari pengajaran Kemis Welas Asih, bencana Lombok pun disambut empati luar biasa dari para pelajar di Purwakarta. “Alhamdulillah uang terkumpul sebesar Rp107.230.700 dan bisa membantu beban korban bencana alam di Lombok,” jelasnya.

Bantuan dari siswa SD dan SMP ini, tambah Purwanto, dilakukan secara spontan. Oleh karena itu, sumbangannya variatif mulai dari Rp2.000 hingga Rp50.000. “Pengumpulan dana dilaksanakan di 378 SD dan 50 SMP juga di lingkungan Dinas Pendidikan,” paparnya.

Dia juga mengutarakan, bahwa pihaknya sempat bingung kemana harus menyalurkan sumbangan itu. Namun kami akhirnya memilih ada yayasan yang akan mengirimkan ke Lombok. “Daripada buat ongkos lumayan besar, lebih baik kita menghemat dan dipergunakan untuk keperluan korban bencana disana,” pungkasnya. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here